Tujuan Laporan Keuangan, Jenis , Unsur dan Manfaat

3 min read

Laporan Keuangan Adalah Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat
Laporan-Keuangan-Adalah-Tujuan-Jenis-Unsur-dan-Manfaat
Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk para pemegang sahamnya.Laporan ini memuat laporan keuangan dasar dan juga analisis manajemen atas operasi tahun lalu dan pendapat mengenai prospek-prospek perusahaaan di masa mendatang, Menurut Rodoni (2010:13)

Jenis Laporan Keuangan

Pada akuntansi, terdapat empat jenis laporan keuangan yang biasa dibuat oleh perusahaan. Empat jenis laporan keuangan tersebut adalah sebagai berikut, ialah..

Laporan Laba Rugi

Melaporkan seluruh hasil dan biaya untuk mendapatkan hasil dan laba (rugi) perusahaan selama suatu periode tertentu. Pada laporan ini terdapat informasi ringkas mengenai jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan. Untuk operasional pada suatu perusahaan serta laba yang didapatkan selama perusahaan tersebut beroperasi. (*Tujuan Laporan Keuangan)

Laporan Perubahan Ekuitas

Ialah merupakan laporan yang timbul atas transaksi dengan pemilik yang juga merupakan termasuk jumlah investasi, perhitungan deviden dan distribusi lain ke pemilik ekuitas selama suatu periode.

Neraca

Neraca ialah bagian keuangan yang menampilkan informasi bagaimana posisi keuangan dari perusahaan atau juga entitas pada suatu periode, biasanya dalam satu tahun. (*Tujuan Laporan Keuangan)


Laporan Arus Kas
Laporan arus kas ialah yang menggambarkan perputaran kas perusahaan. Mengenai jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan juga jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

Tujuan Laporan Keuangan Menurut Para Ahli
Berdasarkan pada jenis-jenis laporan keuangan di atas. Kemudian akan terdapat tujuan utama laporan keuangan. Menurut pendapat para ahli, tujuan dari laporan keuangan dapat beragam sesuai pendapat masing-masing. (*Tujuan Laporan Keuangan)

Menurut Standar Akuntasi Keuangan (Ikatan Akuntan Indonesia 2002:4) tujuan laporan keuangan adalah sebagai berikut:

Pada saat menyediakan informasi yang akan menyangkut posisi keuangan, kinerja. Serta pada perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai pada pengambilan keputusan ekonomi. (*Tujuan Laporan Keuangan)


Pada laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. Tetapi demikian, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Sebab secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian di masa lalu.

Pada Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen (stewardship). atau juga pertanggunggjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.

Manfaat Laporan Keuangan

Berikut ini Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari pembuatan laporan keuangan, Ialah.

Seperti dikemukakan oleh Fahmi (2012:5), yang menyatakan bahwa:

Dengan adanya laporan keuangan yang disediakan pihak manajemen perusahaan maka sangat membantu pihak pemegang saham dalam proses pengambilan keputusan, dan sangat berguna dalam melihat kondisi pada saat ini maupun dijadikan sebagai alat untuk memprediksi kondisi masa yang akan datang”. (*Tujuan Laporan Keuangan)

Manfaat dari adanya laporan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam proses pengambilan keputusan demi kemajuan perusahaan dimasa yang akan datang.

Unsur-Unsur Laporan Keuangan

Pada tujuan laporan keuangan perusahaan tercermin dari laporan keuangan yang terdiri dari beberapa unsur laporan keuangan. Seperti yang diungkapkan Hanafi (2007:12), menjelaskan bahwa ada tiga bentuk laporan keuangan yang pokok yang dihasilkan oleh suatu perusahaan yaitu Neraca, laporan rugi laba dan laporan aliran kas.

Pada beberapa unsur-unsur laporan keuangan diatas, penulis hanya menggunakan laporan Neraca dan juga laporan laba rugi.

Sifat Laporan Keuangan

Pada pencatatan yang dilakukan dalam penyusunan laporan keuangan harus dilakukan dengan kaidah-kaidah yang berlaku demikian pula dalam hal penyusunan laporan keuangan didasarkan kepada sifat laporan keuangan itu sendiri. (*Tujuan Laporan Keuangan)

Menurut Kasmir (2014:11), dalam prakteknya sifat laporan keuangan dibuat:

Bersifat historis dan Menyeluruh Bersifat historis artinya bahwa laporan keuangan dibuat dan disusun dari data masa lalu atau masa yang sudah lewat dari masa sekarang.Misalkanya laporan keuangan disusun berdasarkan data satu atau dua atau beberapa tahun ke belakang (tahun atau periode sebelumnya).

Selanjutnya , bersifat menyeluruh maksudnya laporan keuangan dibuat selengkap mungkin. Artinya ialah laporan keuangan disusun sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pada p embuatan atau penyusunan yang hanya sebagian- sebagian (tidak lengkap). Tidak akan dapat memberikan informasi yang lengkap tentang keuangan suatu perusahaan.

komponen laporan keuangan Kasmir (2014:28)

1 Neraca
2 Laporan Laba Rugi
3 Laporan Perubahan Modal
4 Laporan Arus Kas
5 Catatan Atas Laporan Keuangan
6 Dari beberapa unsur-unsur laporan keuangan diatas, penulis hanya menggunakan laporan Neraca dan laporan laba rugi.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Laporan Keuangan Adalah : Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih

Baca juga :

Akuntansi Manajemen : Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Dokumen : Akumulasi Biaya dan Overhead
ISO Adalah : Tujuan, Manfaat, dan Jenis – Jenis ISO
Pengertian Efektivitas : Kriteria, Aspek, dan Contohnya
CRM Adalah : Fungsi dan Tujuan, Komponen, serta Tahapan CRM
Evaluasi Adalah : Tujuan, Fungsi, dan Tahapan Evaluasi
Manajemen Kinerja Adalah : Manfaat, dan Syarat-Syarat, Tujuannya
HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Manajemen SDM Adalah : Unsur, Faktor dan Tahapan
Etika Adalah : Pengertian dan Jenisnya
Metode Harga Pokok Pesanan : Syarat dan Kelebihannya
Target Costing Adalah : Tujuan, Kegunaan dan Tahapan
Pengertian PPBS : Planning Programing Budgeting System
Laporan Cash Flow : Elemen, Metode, Manfaat dan Contohnya
Kualitas Adalah : Indikator dan Manfaat
Analisa Resiko : Pengertian dan Probabilitasnya
Estimasi Biaya : Metode, Manfaat dan Contoh
Perkembangan Akuntansi
Pengertian Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya
Pengertian Supply Chain Management : Komponen, Tujuan dan Proses
Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya
Bank Adalah : Sumber Dana Bank
Laporan Keuangan Adalah : Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat
Perusahaan dagang Adalah : Ciri, Jenis dan Kegiatan
Break Even Point Adalah : Analisis, Faktor dan Rumus
Pasar Uang Adalah : Instrumen dan Jenis
Manajemen File Adalah : Arsitektur, Manfaat dan Fungsi
Grafik Adalah : Tujuan dan Fungsi
Manajemen Personalia Adalah : Tujuan, Fungsi dan Tugas
Manajemen Informatika Adalah : Ruang Lingkup

Leave a Reply

Your email address will not be published.