Trik Psikotes

2 min read

trik psikotes
Trik-Psikotes
Trik Psikotes

Psikotes

Hingga saat ini masih banyak orang yang menanyakan cara-cara menghadapi psikotest. Oleh karena itu, silahkan anda simak 15 tips dan trik menghadapi psikotest berikut ini.

Tips Sebelum Psikotes Berlangsung


1 Istirahat yang cukup itu penting! Usahakan anda memiliki waktu tidur yang cukup pada malam hari sebelum waktu psikotes dilakukan. Cukup istirahat akan membuat anda memiliki himpunan energi dan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Nasib sial pernah dialami oleh rekan saya yang mencoba untuk begadang sebelum psikotes dilakukan, dengan alasan untuk menonton tim kesayangannya berlaga di Liga Champions.


Dan anda bisa tebak hasilnya, dia dibangunkan oleh petugas psikotes karena tertidur sesaat pada saat tes berlangsung. Dia pun gagal dalam psikotes tersebut. Malang nian bukan?

2 Isi perut terlebih dahulu. Sekali lagi, ini tentang kebutuhan energi dan konsentrasi yang cukup. Psikotes itu menyita energi, pikiran dan konsentrasi anda. Perut yang kenyang akan memberikan anda energi, pikiran dan konsentrasi yang cukup untuk menghadapi psikotes. Jadi, jangan sekali-kali anda meremehkan hal ini.

3 Mempelajari contoh soal psikotes. Baik yang bersumber dari internet maupun buku-buku psikotes. Sekalipun anda belum pernah mengikuti psikotes sebelumnya, jika anda mempersiapkan diri dengan mempelajari contoh soal psikotes atau minimal mengetahui seperti apa karakter soal-soal yang akan anda hadapi nanti.

Insya Allah anda akan lebih mudah untuk mengerjakan soal-soal yang akan keluar nanti. Lebih bagus lagi jika anda membeli buku psikotes atau mendownload contoh soal psikotes dan berlatih mengerjakan contoh soal psikotes yang ada didalamnya.


4 Datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat. Usahakan 15 menit sebelum waktunya, anda harus sudah berada di lokasi tes psikotes. Jika terlambat maka anda akan terburu-buru dan akhirnya panik. Jika hal ini terjadi, maka anda tidak akan maksimal mengerjakan soal-soal psikotes yang diberikan.

5 Cari tahu lokasi psikotes. Jika anda belum mengetahui lokasi psikotes, anda bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk mencari tahu dimana lokasi psikotes berada, berapa estimasi waktu sampai disana dan sekaligus sebagai navigasi untuk mencapai lokasi tersebut.

6 Berdoa. Berdoalah kepada Allah agar anda selalu dimudahkan, dilancarkan dan tentu saja diluluskan dalam ujian psikotes ini. Selalu panjatkan doa baik sebelum, saat maupun setelah ujian berakhir. Karena anda tidak tahu doa mana yang akan dikabulkan oleh-Nya. Jadi, perbanyaklah berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa.

7 Minta izin dan restu kepada orangtua sebelum berangkat. Mintakan juga doa orangtua anda agar anda sukses pada psikotes kali ini.

8 Persiapkan seluruh kebutuhan ujian. Baik alat tulis seperti pensil, rautan, penghapus dan pulpen maupun perlengkapan pendukung lainnya.

7 Minta izin dan restu kepada orangtua sebelum berangkat. Mintakan juga doa orangtua anda agar anda sukses pada psikotes kali ini.

8 Persiapkan seluruh kebutuhan ujian. Baik alat tulis seperti pensil, rautan, penghapus dan pulpen maupun perlengkapan pendukung lainnya.

Tips Saat Psikotes Berlangsung
9 Perhatikan dan dengarkan dengan seksama instruksi yang diberikan oleh tim penguji. Jangan ragu untuk bertanya jika ada instruksi atau hal yang belum jelas dan belum anda pahami. Ingat! Setiap tipe soal psikotes menggunakan tenggat waktu, jangan sampai waktu anda terbuang karena anda bertanya ketika waktu pengerjaan sudah bergulir.

10 Lewatkan soal yang sulit untuk anda jawab dan kerjakan soal yang termudah terlebih dahulu. Jangan sampai waktu anda habis dengan mengerjakan soal yang sulit sedangkan soal yang seharusnya mudah untuk anda jawab, tidak sempat anda kerjakan. Ingatlah, bahwa anda sedang berlomba dengan waktu pengerjaan.



11 Baca dan pahami soal dengan baik. Salah memahami soal akan berakibat anda salah pula dalam menjawab soal yang diberikan dan ini sangat fatal.

12 Jangan malas untuk mengoreksi. Jika masih ada sisa waktu pengerjaan, segera koreksi kembali soal yang sudah anda kerjakan, untuk memastikan tidak ada soal yang terlewat atau jawaban yang menurut anda masih salah.

13 Berdoa dan persiapkan mental anda. Bersikap tenang, percaya diri dan kuatkan keyakinan bahwa anda bisa melewati tes ini. Kerjakan dengan maksimal dan jangan takut gagal!

Tips Setelah Psikotes Berakhir

14 Tetap berdoa meminta hasil yang terbaik kepada Allah atas apa yang sudah anda kerjakan. Karena doa merupakan salah satu pintu rezeki yang dijanjikan oleh Allah.

15 Jangan menyalahkan diri sendiri jika anda merasa kurang maksimal mengerjakan psikotes. Toh, jika hasilnya nanti anda dinyatakan gagal, masih banyak kesempatan kerja di waktu dan tempat yang mungkin lebih baik dari yang anda lamar sekarang ini.

Demikian artike cerdasakuntansi.com yang membahas tentang Trik Psikotes yang bertujuan memahami trik psikotes untuk memasuki dunia pekerjaan

Soal Deret Aritmatika

admin
1 min read

Psikotes Antonim Part 6

admin
1 min read

Psikotes Antonim Part 5

admin
1 min read