Sejarah Akuntansi , Pengertian,Fungsi,Kegunaan

4 min read

Sejarah Perkembangan Akuntansi Pengertian, Fungsi, Kegunaan dan Maanfaatnya
Akuntansi-Sejarah-PengertianFungsiKegunaan

Sejarah Akuntansi , Pengertian,Fungsi,Kegunaan

Sejarah Akuntansi – Pada dasarnya akuntansi itu sama yaitu sarana bagi manajemen untuk mengkomunikasikan posisi keaungan, kinerja dan perubahan posisi keaungan kepada pihak yang berkepentingan. Akuntansi menghadirkan informasi bagi pasar modal- pasar modal besar, baik domestik maupun internasional. Pada mulanya, akuntansi dimulai dengan sistem pembukuan berpasangan (double entry bookkeeping) di Italia pada abad ke 14 dan 15.

Lucalah merupakan orang yang pertama sekali mempublikasikan prinsip-prinsip dasar double accounting system dalam bukunya berjudul : Summa the arithmetica geometria proportioni et proportionalita di tahun 1494.

Paruh Pertama pada abad 20, seiring tumbuhnya kekuatan ekonomi Amerika Serikat, kerumitan masalah akuntansi muncul bersamaan. Kemudian Akuntansi diakui menjadi disiplin ilmu akademik tersendiri. Setelah Perang Dunia dua, pengaruh Akuntansi semakin terasa di Dunia Barat. Bagi banyak negara, akuntansi ialah masalah nasional dengan standar dan praktik nasional yang melekat erat dengan hukum nasional dan aturan profesional.

Perkembangan Akuntansi

a. Tahun 1775
Priode ini mulai diperkenalkan pembukuan baik yang single entry maupun double entry.

b. Tahun 1800
pada tahun ini masyarakat menjadikan neraca sebagai laporan yang utama digunakan dalam perusahaan.
c. Tahun 1825
pada tahun ini mulai dikenalkan pemeriksaaan keuangan (financial auditing).

d. Tahun 1850
Priode ini laporan laba/rugi menggantikan posisi neraca sebagai laporan yang dianggap lebih penting.

e. Tahun 1900
pada tahun ini di USA mulai diperkenalkan sertifikasi profesi yang dilakukan melalui ujian yang dilaksanakan secara nasional.

Tahun 1925 : pada tahun ini mulai diperkenalkan teknik-teknik analisis biaya, akuntansi untuk perpajakan, akuntansi pemerintahan, serta pengawasan dana pemerintah. Pada sistem akuntansi yang manual beralih ke sistem EDP dengan mulai dikenalkannya“punch card record”.

f. Tahun 1950 s/d 1975
Pada Periode ini akunansi sudah menggunakan. Computer untuk pengolahan data dalam komputerisasi. Lalu, sudah dilakukan Perumusan Prinsip Akuntansi (GAAP). Hingga Perencanaan manajemen serta management auditing mulai diperkenalkan.

g. Tahun 1975
pada tahun ini Total system review yang merupakan metode pemeriksaan efektif mulai dikenal. Dan Social accounting manjadi ISU yang membahas pencatatan dari setiap transaksi perusahaan yang mempengaruhi lingkungan masyarakat.

Pengertian Akuntansi

merupakan suatu ilmu yang sangat diperlukan dalam menjalankan suatu usaha. Tanpa adanya ilmu akuntansi sebuah usaha tidak akan berjalan dengan lancar. Menurut penyelidikan para ahli, semenjak manusia mengenal uang sebagai alat pembayaran, orang sudah menemukan berbagai cara untuk keluar masuknya uang, timbulnya utang-piutang dan sebagainya.

Fungsi Akuntansi

Berdasarkan tujuan akuntansi tersebut, fungsi akuntansi yang utama Ialah sebagai informasi keuangan sebuah entitas.

Laporan keuangan akuntansi bisa terlihat posisi keuangan dan perubahan perubahan apa saja yang terjadi didalamnya yang dirasa sangat dibutuhkan oleh penggunanya yang berasal dari internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan

Kegunaan Akuntansi
Untuk mendapatkan informasi ekonomi atau informasi keuangan perusahaan secara akurat sehingga pemakai dapat mengambil keputusan yang tepat. Untuk memberikan pertanggung jawaban manajemen perusahaan kepada pemilik perusahaan. Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ketahun (maju tidaknya perusahaan).

Akuntansi terbagi dalam beberapa bidang. Berapa bidang akuntansi adalah.Akuntansi keuangan Akuntansi yang kegiatannya sejak dari pencatatan transaksi sampai penyusunan laporan keuangan. Akuntansi biaya Akuntansi yang kegiatan utamanya menghitung biaya produksi yang harus dikeluarkan perusahaan.

Akuntansi Manajemen Akuntansi yang meliputi segala kegiatan dalam perusahaan dan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Akuntansi auditing Akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan bebas atas akuntansi umumyang biasa dikerjakan oleh akuntan pablik.

Akuntansi perpajakan Akuntansi yang berhubungan dengan masalah perpajakan.

Akuntansi anggaran Akuntansi yang menyajikan kegiatan keuangan untuk jangka waktu tertentu, dilengkapi dengan system penganalisaaan dan pengawasan.

Akuntansi pemerintahan Akuntansi yang kegiatannya diarahkan pada transaksi yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan.

Akuntansi Pendidikan Merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang bergerak dalam penyebaran pendidikan akuntansi pada masyarakat.

Manfaat Akuntansi antara lain sebagai berikut :

a) Untuk Perencanaan, Koordinasi, Pengawasan serta Pengendalian
Manfaat Akuntansi yang pertama yaituManajer sebagai pihak internal yang berkaitan langsung dengan perusahaan membutuhkan informasi keuangan yang disajikan melalui proses akuntansi untuk keperluan perencanaan (planning), koordinasi (coordination), pengawasan serta pengendalian (controlling) kondisi dan keuangan perusahaan.

b) Merencanakan dan Menetapkan Aktifitas Perusahaan
Laporan keuangan perusahaan menyajikan data aset kas maupun non kas perusahaan. Untuk kepentingan operasional perusahaan membutuhkan data tersebut agar dapat diketahui secara valid dan akurat tentang kondisi likuiditas perusahaan. Sehingga dapat terencana dengan jelas apakah perusahaan mampu melakukan pembelian dan membayar utang, dan juga alokasi sumber daya ekonomi lainnya. Sebagai Dasar untuk Menghitung Besar Pajak

Perusahaan memiliki kewajiban membayar pajak pada negara. Besar pajak yang harus dipenuhi disesuaikan dengan kondisi laba perusahaan. Laba atau keuntungan perusahaan dalam suatu periode tertentu dapat diketahui melalui proses akuntansi. Di samping itu, kebijakan pajak perusahaan juga bisa ditentukan setelah menganalisis laporan keuangan.

c) Untuk Memperoleh Pinjaman dari Kreditur.
Kreditur yang memberikan pinjaman biasanya memiliki persyaratan tertentu misalnya rasio likuiditas perusahaan yang harus bagus. Rasio ini bisa dihitung melalui laporan keuangan, yaitu dengan membandingkan aset-aset terhadap utang lancar perusahaan. Gunanya untuk mengetahui apakah perusahaan sanggup untuk memenuhi kewajiban utang jangka pendeknya. Para kreditur ini bisa lembaga perbankan atau lembaga kreditur lainnya.

d) Menyediakan Informasi Keuangan bagi Investor
Semua pihak pasti akan berhati-hati jika ingin melakukan investasi. Begitu dengan investor yang biasanya berinvestasi dalam jumlah uang yang tidak sedikit. Sebab itu dibutuhkan sikap waspada dan perlu pertimbangan yang matang untuk memutuskan apakah investor jadi menyerahkan uangnya pada sebuah perusahaan atau tidak.

e) Menjadi Bahan Pertimbangan bagi Rekan Bisnis
Sebuah perusahaan tidak akan mau bekerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki kondisi keuangan kurang baik. Hal tersebut jelas sebab perusahaan menginginkan memperoleh keuntungan dari setiap hubungan bisnisnya. Jadi kondisi sebuah perusahaan yang baik atau tidak tercermin dalam laporan keuangannya.

f) Merupakan Alat Pertanggungjawaban
Manfaat Akuntansi yang terakhir Tugas seorang manajer adalah menetapkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan, termasuk dalam hal kebijakan keuangan. Kebijakan-kebijakan tersebut berjalan dengan baik atau tidak, dapat mudah diketahui melalui laporan keuangan akhir periode perusahaan.

Demikian Artikel cerdasakuntansi.com mengenai Sejarah Perkembangan Akuntansi : fungsi, Kegunaan dan maanfaatnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta memahami ilmu akuntansi

Baca Juga :

Pengertian Bank : Fungsi dan Tujuannya
Pengertian Jurnal : Umum dan Khusus
Perusahaan Adalah : Ciri, Karakteristik dan Perbedaannya
Profesi Akuntansi : Keahlian, Macam, Tugas dan Contohnya
Pengertian Sistem : Unsur, dan Jenis-Jenis Sistem
Pengertian Neraca Saldo : Manfaat, Tujuan, Fungsi
Pengertian Opini Audit : Jenis dan Tahapan
Dasar Akuntansi Adalah : Unsur Persamaan , Neraca Koperasi
Manfaat Koperasi : Pekiraan dan, Pedoman, Neraca dan Laporan
Koperasi : Pemasaran Aktivitas dan Jurnal Khusus Koperasi Pemasaran
Istilah Penting Akuntansi Biaya
Menerapkan Prinsip Profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban
Koperasi : Pemasaran Aktivitas dan Jurnal Khusus Koperasi Pemasaran
Istilah Penting Akuntansi Biaya
Menerapkan Prinsip Profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban
Otomatisasi kantor, Manfaat, Tujuannya
Korespondensi Bisnis, Fungsi, Jenis
Perbedaan dan Persamaan Sektor Publik dan Swasta
Neraca : Unsur, Manfaat, Bentuk dan Contoh Neraca
Tugas Accounting Staff : Macam Profesi dan Manfaat akuntansi
Akuntansi Pemerintahan Adalah : Tujuan, Karakteristik dan Contohnya
Pamflet adalah : Tujuan, Ciri dan Cara Membuatnya
Pengertian Akuntansi, Tujuan, Manfaat, Tujuan, Fungsi dan Bidang
Siklus Akuntansi : Pengertian, Tahapan dan Urutannya
Analisis Data Adalah, Tujuan, Macam, Jenisnya
Sejarah Akuntansi , Pengertian,Fungsi,Kegunaan
Dasar akuntansi : Prinsip dan Penerapannya
Asumsi adalah : Pengertian, Dasar, Prinsip dan Macamnya
Pengertian Akuntansi Dasar
Analisa Bukti Transaksi Keuangan
Tujuan Akuntansi : Pengetian dan Fungsi
Pengertian Akuntansi : Tugas, Manfaat, Tujuan dan Profesi Akuntansi