Profesi Akuntansi : Keahlian, Macam, Tugas dan Contohnya

2 min read

Profesi Akuntansi Adalah : Keahlian, Macam, Tugas dan Contohnya
Profesi-Akuntansi-Keahlian-Macam-Tugas-dan-Contohnya
Profesi Akuntansi : Keahlian, Macam, Tugas dan Contohnya

Profesi Akuntansi : Keahlian, Macam, Tugas dan Contohnya

Keahlian yang Dimiliki Akuntansi :
• Teori akuntansi
• Akuntansi biaya
• Pengauditan
• Sistem akuntansi
• Perpajakan
• Sistem informasi manajemen
• Akuntansi keuangan
• Ekonomi perusahaan

Macam-Macam Profesi Akuntasi

a) Akuntan Publik

Yang dapat dikenal dengan akuntan eksternal ini merupakan akuntan independen yang memberikan jasanya dengan pembayaran tertentu. Akuntan publik ini tentu bekerja bebas dan juga umumnya mendirikan kantor akuntan sendiri. Akuntan yang dapat bekerja di kantor akuntan publik tetap disebut akuntan publik (bukan dibawah perusahaan).

b) Akuntan Intern

Ialah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan / organisasi dan biasa disebut akuntan manajemen. Jabatan akuntansi intern dalam perusahaan dapat diduduki oleh staff biasa, kepala bagian atau direktur keuangan.

c) Akuntan Pemerintah

Dari namanya udah ketebak ya sob, akuntan ini bekerja di lembaga2 kepemerintahan.

d) Akuntan Pendidik

ialah akuntan yang bertugas mengajarkan pendidikan akuntansi, melakukan penelitian, pengembangan akuntasi, mengajar dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi.

 

Tugas Umum Masing-Masing Akuntan

a) Akuntan Publik

Melakukan pemeriksaan atau audit, memberikan jasa perpajakan dan memberikan jasa konsultasi manajemen.

b) Akuntan Intern

Menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keungan yang ditujukan atau disiapkan untuk menghadapi audit eksterna, menyusun anggaran, menangani masalah perpajakan, melakukan audit internal perusahaan.

c) Akuntan Pemerintah

Akuntan ini bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah seperti BUMN atau BUMD, Inspektorat jendral, dsb. Mereka mengikuti aturan kerja yang diterapkan di masing-masing departemen.

d) Akuntan Pendidik

Betugas dalam pendidikan akuntansi, mengajar, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi & melakukan penelitian ilmiah di bidang akuntansi.
Contoh profesi akuntansi

 

menghasilkan berbagai jenis jasa yang berguna bagi masyarakat terutama transaksi bisnis perusahaan. Berikut ini pembahasannya.

a) Akuntan atau Staf Keuangan (Financial Accountant)

Akuntan atau staf bagian keuangan memberikan informasi keuangan berupa jenis jenis laporan keuangan secara berkala untuk pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak internal atau eksternal perusahaan dengan menerapkan siklus akuntansi biaya. (baca: pengertian akuntansi keuangan)

 

b) Akuntan Pemeriksa (Auditor)

Auditor akan berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan laporan keuangan (baca: perbedaan auditing dan akuntansi). Kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan kebenaran suatu laporan keuangan. Hasil kerja atau kesimpulana yang dihasilkan berguna bagi pihak pihak seperti investor kreditur, pemilik saham, dan pemerintah. Akuntansi pemeriksaan juga akan memeriksa catatan keuangan akuntansi berupa pengujian atas kelayakan laporan keuangan secara objektif dan tidak berpihak atau independen (bebas).

 

c) Akuntan Publik (Public Accountant /External Accountant)

 

Pada Profesi ini dapat memberikan jasa sebagai profesional yang telah memiliki izin negara. Untuk dapat melakukan praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen. Tugas akuntan publik meliputi analisis laporan keuangan, audit pajak, audit laporan keuangan, dan juga sebagainya. Pada sebuah perusahaan melakukan pemeriksaan secara rutin tentang laporan keuangan sehingga laporan tersebut menjadi wajar, handal, dan memiliki daya guna yang maksimal. Akuntan publik akan memastikan tidak ada penyelewengan, manipulasi, tindakan yang menyimpan, dan juga penyalahgunaan sumber daya di suatu perusahaan atau lembaga.

 

d) Akuntan Intern (Internal Accountant)

 

Akuntan intern bekerja pada perusahaan atau organisasi tertentu yang biasanya di bagian keuangan dengan jabatan Chief Accountant (Kepala Akuntan). Terkadang ada juga akuntan intern yang menjabat sebagai income auditor yang bertanggung jawab sebagai controller dari chief accountan atau akuntan dengan Presiden Direktur.

e) Akuntan Pemerintah (Government Accountant)

 

Akuntan pemerintah bekerja di lembaga pemerintahan, kementrian, dan badan usaha negara lainnya. Profesi ini diperlukan untuk melaporkan keuangan negara berupa penerimaan dan pengeluaran.

 

f) Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik seperti guru, dosen, atau pengajar akuntansi lainnya memberikan ilmu akuntansi kepada anak didik atau melakukan penelitian di bidang akuntansi.

Demikian Artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Profesi Akuntansi : Keahlian, Macam, Tugas dan Contohnya , semoga dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca juga:

Menerapkan prinsip profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban Bank Adalah
Istilah Penting Akuntansi Biaya Siklus Akuntansi
Kopersai Pemasaran Aktivitas Analisis Data Adalah
Akuntansi Koperasi Pengertian Akuntansi
Dasar Akuntansi Dasar Akuntansi
Opini Audit Adalah Asumsi Adalah
Sistem Adalah Konsep Manajemen
Profesi Akuntansi Akuntansi Dasar
Jurnal Umum dan Khusus Analisa Bukti Transaksi Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.