Produk Bank Syariah : Manfaat Menggunakan Produk

2 min read

Manfaat Menggunakan Produk Bank Syariah
Bank-Syariah-Produk-Manfaat-Menggunakan-Produk
Produk Bank Syariah

Produk Bank Syariah 

Produk Bank Syariah -Indonesia adalah merupakan salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Melihat fakta tersebut bisa dijelaskan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dan juga Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dengan melibatkan Pemerintah dan pengusaha Muslim mendirikan bank syariah di Indonesia pada tahun 1991. Prinsip – prinsip syariah tentunya diakomodasi dan juga disertakan dalam produk-produk yang disediakan bank syariah.

a)Manfaat Menggunakan Produk Bank Syariah, ialah sebagai berikut :

a) Terhindar dari Riba

Keuntungan yang pertama adalah dari melakukan transaksi keuangan di bank syariah adalah terhindar dari riba. Karena di dalam Islam, riba hukumnya haram dan wajib ditinggalkan. Maka dengan menabung uang di bank syariah, akan menghindarkan Anda dari dosa riba. (*Produk Bank Syariah)

b) Berdasarkan Syariah Islam

Manfaat kedua adalah dari menabung di bank syariah antara lain Anda juga turut serta dalam melaksanakan syariah Islam dan telah melakukan muamalah berdasarkan Islam. Hal ini tentu akan menghadirkan pahala bagi mereka yang melakukannya.

c) Keuntungannya Diberikan berdasarkan Bagi Hasil

Bukan seperti bank konvensional yang memberikan bunga kepada nasabahnya. Di bank syariah ini juga mempunyai keuntungan yang Anda dapatkan didasarkan pada sistem bagi hasil. (*Produk Bank Syariah)

d) Dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Meskipun berbasis syariah, Tidak berarti uang yang ditempatkan tidak dijamin. Dana nasabah bank syariah tetap dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menanggung risiko kehilangan dana nasabah hingga Rp2 miliar. (*Produk Bank Syariah)

e) Bank Syariah Sudah Dilengkapi Fasilitas Net Banking

Bank syariah di negara Indonesia saat ini sudah mengadopsi teknologi yang populer digunakan masyarakat. Bank syariah juga bisa memberikan fasilitas yang berupa kemudahan untuk melakukan transaksi perbankan melalui internet. (*Produk Bank Syariah)

f) Sistem Bagi Hasil Lebih Adil dan Transparan

Keuntungan dari sistem bagi hasil ialah Anda terhindar dari risiko bunga yang menjadi riba. Selain itu dengan  sistem bagi hasil bisa menguntungkan pihak nasabah yang menyimpan dananya di bank syariah.

g) Memberlakukan Saldo Tabungan yang Rendah

Berikut ini merupakan salah satu keuntungan dari menabung di bank syariah ialah hampir semua bank syariah nasional memberlakukan saldo tabungan yang rendah kepada nasabah-nasabahnya. Pada Nilai saldo minimal ini tentu saja dapat menjadikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang ingin mempunyai tabungan dengan saldo mengendap yang nilainya kecil. (*Produk Bank Syariah)

h) Penabung atau Nasabah adalah Mitra Bank

Seperti pada bank konvensional, hubungan yang dapat terjalin antara penabung dan bank lebih cenderung menjadi hubungan antara debitur dan kreditur. Untuk Sementara di bank syariah, pihak bank dapat  menganggap penabung ialah merupakan mitra sehingga berhak menerima hasil dari investasi yang ditanamkan di bank.

i) Dana Nasabah Dipergunakan Sesuai dengan Syariah

Berikut ini salah satu keunggulan dan juga manfaat dari menabung di bank syariah ialah dana yang dimanfaatkan akan dipergunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan syariah. (*Produk Bank Syariah)

Sementara pada nasabah bank konvensional tidak akan tahu uangnya dapat ditempatkan. Atau juga dapat dipergunakan untuk apa sehingga tidak menutup kemungkinan keuntungan yang diperoleh karena riba.

j)  Peringatan Dini tentang Adanya Bahaya karena Sifatnya yang Transparan.

ada beberapa Manfaat yang satu ini mungkin tidak didapatkan jika Anda menabung di bank konvensional. Nasabah yang akan menabung di bank syariah akan diberikan isyarat bahwa terjadi sesuatu yang tidak baik.

Dengan adanya informasi tersebut, maka nasabah bisa melakukan antisipasi terkait apa yang perlu mereka lakukan untuk bisa menyelamatkan dananya. (*Produk Bank Syariah)

k) Dana Ditujukan untuk Kepentingan dan Kemaslahatan Umat.

Keunggulan yang Anda dapatkan ialah bila menabung di bank syariah ialah dana yang disimpan ditujukan untuk kepentingan dan kemaslahatan umat. Dengan kata lain, dana tersebut ialah dana umat yang didapatkan dari umat dan akan dikembalikan untuk kepentingan umat.

Demikian artike cerdasakuntansi.com mengenai  Manfaat Menggunakan Produk Bank Syariah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan juga dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Perbankan : Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contohnya
Produk Bank Syariah : Manfaat Menggunakan Produk
Dasar Perbankan : Jenis dan Fungsinya
Sejarah Ekonomi, Perkembangan Ekonomi Islam
Etika Bisnis Syariah dan Penjelasannya
Ruang Lingkup Syariah, Pengertian dan Cirinya
Syariah, Prinsip, Rukun Jual Beli dan Manfaatnya
Manajemen Bisnis Syariah, Konsep, Ajaran Islam dan Landasan Pokok
Bank : Sejarah Sistem Perbankan, Bunga Bank Sebagai Riba
Perusahaan Manufaktur, Laporan, Laba Rugi, Neraca
Analisa adalah : Karakteristik dan Pengaruh
Biaya Bahan Baku Adalah : Pengendalian, Metode
Manajemen Bisnis : Konsep, Fungsi
Pengertian Bahan Baku : Perolehan, Penyimpanan
Aset Tetap Adalah, Cara, Konsep, Jenis , Karakteristik dan Contoh
Kombinasi Bisnis : Tujuan, Metode dan Alasan
Pengertian Agen : Sistem, Perbedaan, Laporan dan Hubungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.