Pengertian Perusahaan Dagang : Tujuan, Ciri

2 min read

Pengertian Perusahaan Dagang : Tujuan, Ciri, Jenis dan Contohnya
4.8/5 - (26 votes)
Pengertian-Perusahaan-Dagang-Tujuan-Ciri

Pengertian Perusahaan Dagang : Tujuan, Ciri

Pengertian Perusahaan Dagang ??? Perusahaan Dagang ialah Suatu Kegiatan Usahanya Melakukan Suatu Pembelian Barang guna dijual Kembali Tanpa Adanya Proses Produksi (Mengolah atau Mengubah Bentuk). Untuk Lebih Jelasnya Lagi Marilah Simak Ulasan yang Berikut Ini.

Pengertian Perusahaan Dagang

Pada umumya. Perusahaan Dagang ialah Perusahaan Yang Aktivitas Utamanya Membeli, Menyimpan dan juga Menjual Kembali Barang Dagang Tanpa Memberikan Nilai Tambah Terhadapnya. Yang Dimaksud Nilai Tambah ialah Berupa Mengolah Atau Mengubah Bentuk Atau Sifat Barang, Sedemikian Rupa Sehingga mempunyai Nilai Jual Yang Tinggi.

Perusahaan Dagang, Dalam Suatu Aktivitas Operasionalnya Mendapatkan Pendapatan, akan tetapi Pendapatan Yang Didapatkan Dari Transaksi Jual Beli Barang. Perusahaan Dagang Memiliki Aktivitas Utama Dengan Memperjual Belikan Barang Dagangannya Yang Berupa Bahan Baku, Barang Setengah Jadi, Atau pun Barang Jadi. Selain Dari Itu, Barang Yang Diperdagangkan ialah Berupa Dari Hasil Pertanian, Hasil Hutan, Perkebunan, dan juga Barang Hasil Industri Pengolahan (Manufacture).

Tujuan Perusahaan Dagang

Untuk memaksimalkan keuntungan yang akan dihasilkan. Keuntungan atau laba (profit) merupakan selisih antara jumlah yang diterima perusahaan atas penjualan barang atau jasa kepada pelanggan dari jumlah yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan dan juga menjual barang atau jasa tersebut.

Ciri-Ciri Perusahaan Dagang adalah :

Perusahaan Dagang Bisa juga dibedakan Dari Jenis Lain Dengan Melihat Ciri-Ciri Khusus Yang Melekat Dalam Suatu Perusahaan Dagang. Ciri-Ciri Perusahaan Dagang ialah Sebagai Berikut :

a. Bentuk Produk yang Diperjual belikan
Dalam Perusahaan Dagang, Produk Yang Diperjual Belikan yakni Suatu Barang Yang Berujud (Tangible) Sehingga Bisa Di indra. Contohnya ialah Mebel, Beras, Pesawat Radio Dan Lain Sebagianya. Sedangkan Pada Perusahaan Jasa Produk Yang Diperjual Belikan ialah Jasa Dengan Karakteristik Dari Jasa Merupakan Tidak Berwujud (Intangilble).

b. Tidak Adanya Suatu Perubahan Bentuk / Sifat Dari Produk Yang Diperdagangkan
Aktivitas Utama Perusahaan Dagang ialah Membeli Dan Menjual Barang Dagang Tanpa Adanya Perubahan Atau Menambah Bentuk Dan Sifatnya.

c. Akun-Akun Khusus
Terdapat Akun-Akun Khusus Yang Diperoleh Perusahaan Dagang, seumpamaan pada Akun Harga Pokok Penjualan, Persediaan Barang Dagang, Potongan Dan Retur Penjualan Dan Juga Sebagainya.

d. Penghitungan Laba/Rugi
Pola Penghitungan Laba/Rugi Perusahaan Dagang Berbeda Dengan Suatu Perusahaan Jasa, sebab Terdapat akun-akun Khusus. Dalam Sebuah Perusahaan Jasa, Laba Didapatkan Dengan Cara Mengurangi Pendapatan Dengan Beban.

Jenis-Jenis Perusahaan Dagang dan contohnya

Perusahaan Dagang Dikelompokkan Menjadi Dua adalah Sebagai Berikut :

a. Jenis-Jenis Perusahaan Dagang Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan
Perusahaan Dagang Barang Produksi, ialah Suatu Perusahaan Yang Memperdagangkan Produk Bahan-Bahan Baku (Raw Material) Yang Sebagai Bahan Dasar Dalam Pembuatan Produk / Alat-Alat Produksi Untuk Menghasilkan Sebuah Produk Lain. Seperti Mesin Gergaji dan Kayu Gelondongan

Perusahaan Dagang Barang Jadi, ialah Suatu Perusahaan Yang Memperdagangkan Sebuah Produk Final Atau Dalam Bentuk Akhir Yang Siap Untuk Dipergunakan Manusia. Seperti Sepatul, Buku, Televisi dll.

b. Jenis – jenis Perusahaan Dagang Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terliba adalah :

Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler), Ialah Perusahaan Yang Secara Langsung Membeli Suatu Produk Dari Pabrik Dalam Jumlah Yang Besar. Perusahaan dapat Menjual Barangnya Ke Sebagian Pedagang Dengan Sebuah Perantara Yang Volume Penjualan Yang Cukup Besar. Contohnya : Grosir
Perusahaan Dagang Perantara (Middleman), Ialah Suatu Perusahaan Yang Membeli Barang Dalam Partai Besar Untuk Dijual Kembali Ke Pengecer Dalam Jumlah Sedang. Contoh : Subgrosir.

Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer), Ialah Suatu Perusahaan Yang Langsung Berhubungan Dengan Konsumen. Konsumen Bisa Membeli Secara Eceran / Produk Yang Ditawarkan. Retailer Sering Kita Lihat Di Lingkungan Kita. Contohnya : Kios, Warung Dan Swalayan.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Perusaan Dagang : Tujuan,Ciri, Jenis dan Contohnya , semoga bermanfaat

Baca juga :

Akuntansi Manajemen : Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Dokumen : Akumulasi Biaya dan Overhead
ISO Adalah : Tujuan, Manfaat, dan Jenis – Jenis ISO
Pengertian Efektivitas : Kriteria, Aspek, dan Contohnya
CRM Adalah : Fungsi dan Tujuan, Komponen, serta Tahapan CRM
Evaluasi Adalah : Tujuan, Fungsi, dan Tahapan Evaluasi
Manajemen Kinerja Adalah : Manfaat, dan Syarat-Syarat, Tujuannya
HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Manajemen SDM Adalah : Unsur, Faktor dan Tahapan
Etika Adalah : Pengertian dan Jenisnya
Metode Harga Pokok Pesanan : Syarat dan Kelebihannya
Target Costing Adalah : Tujuan, Kegunaan dan Tahapan
Pengertian PPBS : Planning Programing Budgeting System
Laporan Cash Flow : Elemen, Metode, Manfaat dan Contohnya
Kualitas Adalah : Indikator dan Manfaat
Analisa Resiko : Pengertian dan Probabilitasnya
Estimasi Biaya : Metode, Manfaat dan Contoh
Perkembangan Akuntansi
Pengertian Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya
Pengertian Supply Chain Management : Komponen, Tujuan dan Proses
Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya
Bank Adalah : Sumber Dana Bank
Laporan Keuangan Adalah : Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat
Perusahaan dagang Adalah : Ciri, Jenis dan Kegiatan
Break Even Point Adalah : Analisis, Faktor dan Rumus
Pasar Uang Adalah : Instrumen dan Jenis
Manajemen File Adalah : Arsitektur, Manfaat dan Fungsi
Grafik Adalah : Tujuan dan Fungsi
Manajemen Personalia Adalah : Tujuan, Fungsi dan Tugas
Manajemen Informatika Adalah : Ruang Lingkup

Leave a Reply

Your email address will not be published.