Pertanyaan Tentang Konsep dasar akuntansi

3 min read

Pertanyaan Tentang Konsep Dasar Akuntansi

Pertanyaan Tentang Konsep dasar akuntansi


Pertanyaan dan Jawaban Teori Akuntansi

1. Sebutkan perkembangan teori akuntansi yang Anda sebutkan dari waktu ke waktu!

Jawaban:

Karangan sendiri

2. Teori pasar sekuritas yang efektif dapat memprediksi bahwa harga sekuritas yang dihasilkan dari interaksi memiliki beberapa karakteristik yang menarik dan dapat mempengaruhi pergerakan harga sekuritas ke harga ekuilibrium baru, dan abnormal return adalah selisih antara harga aktual. Tingkat keuntungan dan tingkat pengembalian yang diharapkan.

Pertanyaan:

  • Bagaimana investor melakukan pengujian pasar yang efektif
  • Kapan pengembalian abnormal akan digunakan untuk pengujian efisiensi pasar?

Jawaban:

  • Tes pasar yang efektif:
    • Melakukan tes untuk menguji hipotesis pasar yang efektif (EMH)
    • Pengujian formal lemah (Informasi masa lalu dapat memprediksi pengembalian di masa depan)
    • Bentuk pengujian semi-kuat (seberapa cepat harga keamanan mencerminkan informasi yang dipublikasikan
    • Bentuk pengujian yang kuat (apakah investor memiliki informasi pribadi yang tidak tercermin dalam harga sekuritas).
  • Uji efisiensi pasar dengan abnormal return: Abnormal return biasanya digunakan sebagai dasar untuk menguji efisiensi pasar. Jika tidak ada pelaku pasar yang menikmati keuntungan berlebih untuk waktu yang lama, maka pasar itu efektif. Abnormal return dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja sekuritas. Pada dasarnya ada beberapa model penghitungan abnormal return, diantaranya model pasar / model indeks tunggal dan model penetapan harga aset modal.

Pertanyaan Tentang Konsep Dasar Akuntansi

3. Kerangka konseptual yang diterapkan satu negara ke negara lain sangat unik atau berbeda karena faktor lingkungan dan kebutuhan masing-masing negara. Suwardjono mendefinisikan kerangka kerja konseptual sebagai dokumen formal hasil rekayasa, biasanya disebut sebagai sekumpulan prinsip yang luas, sekumpulan teori atau struktur konsep yang terintegrasi atau saling terkait (struktur atau skema yang saling terkait)

Pertanyaan:

  • Sebutkan konsep penting dalam kerangka konseptual
  • Sebutkan karakteristik laporan keuangan dan jelaskan artinya

Jawaban:

Tiga istilah berbeda atau konsep penting dalam kerangka konseptual, yaitu:

  • Prinsip akuntansi adalah semua pengetahuan, ide, konsep, asumsi, konsep, asumsi, aturan, prosedur, metode, dan teknik akuntansi yang tersedia dalam teori dan praktik.
    Standar akuntansi yaitu konsep, prinsip, metode, teknologi, dll. Konsep tersebut dipilih secara selektif oleh organisasi pembuat standar atas dasar kerangka konseptual untuk diberlakukan di lingkungan atau negara / wilayah dan dicantumkan dalam bentuk dokumen resmi. Untuk mencapai tujuan pelaporan keuangan nasional.
  • Prinsip akuntansi yang diterima secara umum, yaitu kerangka pedoman yang terdiri dari standar akuntansi dan sumber lain (didukung oleh validitas resmi (yudisial), teoritis dan praktis).

Ciri laporan keuangan:

  • Relevan: Informasi yang dapat ditujukan, ditujukan untuk mengambil tindakan secara efektif atau ingin memperoleh hasil dengan, atau berguna dengannya.
  • Reliabilitas: kualitas yang memungkinkan pengguna data untuk mengandalkannya dengan percaya diri untuk mencerminkan makna dan maknanya
  • Ketidaksesuaian: Artinya, standar tidak dapat membantu sekelompok pengguna dengan mengorbankan kelompok pengguna lain.
  • Materialisme: Suatu kondisi yang dianggap relatif penting. Apakah informasi tersebut memiliki pengaruh besar atau pengaruh besar terhadap keputusan.

4. Teori akuntansi positif (PAT) berkaitan dengan prediksi perilaku, kebijakan akuntansi yang dipilih oleh manajer perusahaan, dan bagaimana manajer akan menanggapi standar akuntansi baru. Dalam studi Watt dan Zimmerman (1986), 3 (tiga) hipotesis diajukan untuk menjelaskan teori akuntansi empiris, Sebutkan dan jelaskan ketiga hipotesis tersebut?

Jawaban:

Watts dan Zimmerman (1986) mengajukan tiga hipotesis untuk menjelaskan PAT, yaitu:

Bonus Plan hypothesis

Manajer lebih suka memilih prosedur akuntansi untuk mentransfer pendapatan yang dilaporkan dari periode masa depan ke periode saat ini.

Diharapkan manajer yang menggunakan rencana bonus akan memilih kebijakan akuntansi yang kurang konservatif daripada mereka yang tidak.

Manajer dengan rencana bonus juga akan menentang standar akuntansi yang diusulkan, yang akan mengurangi laba bersih yang dilaporkan.

The Debt-Covenant Hypothesis

Jika akuntansi berdasarkan kontrak hutang dilanggar maka manajer akan lebih tertutup, dan manajer lebih memilih untuk memilih prosedur akuntansi dalam mentransfer laporan pendapatan dari periode yang akan datang ke periode saat ini.

Alasannya, peningkatan pelaporan laba bersih akan mengurangi kemungkinan kegagalan teknis.

Manajer dengan DER yang lebih tinggi akan memilih kebijakan akuntansi yang kurang konservatif, dan dibandingkan dengan manajer dengan DER yang lebih rendah.

Akan memberlakukan pembatasan pada standar baru, yang akan membatasi mereka untuk melakukannya.

The Political Cost Hypothesis

Semakin besar biaya politik yang ditanggung perusahaan, semakin banyak manajer yang memilih kebijakan akuntansi yang menunda laporan pendapatan saat ini ke periode mendatang.

Asumsi ini mengakui signifikansi politik dari pilihan kebijakan akuntansi.

Manajer perusahaan besar akan memilih kebijakan akuntansi yang lebih konservatif daripada perusahaan kecil, dan akan lebih menentang standar baru yang mengurangi laba bersih.

5. Membuat agen dan prinsipal menyembunyikan beberapa informasi untuk memanfaatkan keadaan agen, sehingga agen mencoba menggunakan informasi tersebut, sehingga agen dapat mengukur pekerjaannya sesuai dengan nomor akuntansi dan informasi. Ada benturan kepentingan dan informasi antara Asimetri ini. Mendorong manajemen pendapatan.

Pertanyaan:

  • Sebutkan konsep manajemen laba menurut beberapa ahli dan ide Anda!
  • Sebutkan bagaimana agen dapat mengukur manajemen laba (Scott, 1997)?

Jawaban:

a. Menurut Scott (1997), manajemen laba mengacu pada perilaku manajemen yang memilih kebijakan akuntansi dari standar tertentu untuk meningkatkan kesejahteraan perusahaan dan / atau nilai pasar. Menurut definisi Sugiri (1998) yang dikutip oleh Widyaningdyah (2001), pengertian manajemen laba adalah perilaku manajer yang menggunakan unsur-unsur diskresioner pendapatan yang masih harus dibayar dalam proses peningkatan laba.

b. Menurut Scott (1997), manajemen pendapatan dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Taking Bath

Model ini diterapkan ketika ada tekanan organisasi, yaitu ketika manajemen baru diganti dengan mengakui kegagalan atau kekurangan manajemen lama. Teknik ini juga dapat mengidentifikasi biaya pada periode mendatang dan kerugian pada periode berjalan.

  • Income management

Teknik ini tidak seekstrem mandi. Ketika laba perusahaan tinggi, mode ini diterapkan untuk menghindari menarik perhatian pihak lain yang berkepentingan dengan perusahaan.

  • Income maximization

Perusahaan menerapkan peralatan yang menguntungkan untuk mengurangi perubahan laba bersih. Perusahaan juga menggunakan laba bersihnya sebagai informasi eksternal untuk memahami stabilitas keuangan perusahaan. Oleh karena itu, faktor eksternal dapat memprediksi pertumbuhan laba perusahaan dalam jangka panjang.

Baca Juga Lainnya:

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai  Pertanyaan Tentang Konsep Dasar Akuntansi, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.