Pengertian Rekening Koran : Kegunaan, Cara Mengajukan dan Syaratnya

Posted on
Pengertian-rekening-koran-Kegunaan-Cara-mengajukan-dan-syaratnya

Pengertian rekening koran : Kegunaan, Cara mengajukan dan syaratnya

Pengertian rekening koran ialah  ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening. Bisa  berupa rekening milik individu maupun rekening milik badan usaha.

Data yang akan  terlampir pada sebuah rekening koran yang tercetak. Ialah rincian mengenai alur debit dan kredit, termasuk dari dana hasil transfer masuk atau keluar.

Kegunaan dari Rekening Koran

1. Mengajukan Visa

Jika Anda ingin liburan atau dinas ke luar negeri, ada negara-negara yang mewajibkan Anda memiliki visa. Pada saat ini lah rekening koran mempunyai peranan.

Suatu ketika ingin mengajukan permohonan visa.  Anda harus bisa membuktikan bahwa Anda mempunyai cukup dana sehingga tidak ngegembel di negara tujuan.

Biasanya pada persyaratan yang diminta. Untuk  menyertakan berbagai dokumen yang dinilai . Dapat  memberi informas  Dan juga  menggambarkan kondisi finansialnya,

seperti Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) 21, slip gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Serta daftar riwayat transaksi selama 3 atau juga 6 bulan terakhir yang bisa Anda dapat dari percetakan rekening koran.

2. Mengetahui Ringkasan Transaksi

Fungsi  dari rekening koran pada dasarnya sama seperti buku tabungan. Ialah menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu (umumnya 3 bulan).

Untuk Informasi yang terdapat di rekening koran mengenai jumlah saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga bank.  Dan juga  biaya administrasi.

3. Menjadi Bukti Hukum

Benar, rekening koran dapat menjadi bukti hukum yang sah apabila suatu saat Anda terlibat perselisihan dengan pihak lain yang terkait dengan mutasi rekening.

Contohnya saja ketika Anda yakin telah mengirimkan sejumlah uang untuk membayar pesanan pada sebuah toko online. Tetapi pihak penjual belum ada uang terkirim atas nama rekening Anda, sehingga order Anda tidak dapat diproses. Maka rekening koran dapat membuktikannya.

4. Mengajukan Pinjaman

Jika Anda sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), pasti bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Contohnya fotokopi lembar rekening koran yang dikeluarkan bank.

Pada Rekening koran juga dapat dijadikan salah satu dokumen yang dapat menunjang pada saat Anda mengajukan. Atau juga  membuat permohonan tertentu (umumnya hal-hal yang berkaitan dengan finansial) untuk memberikan bukti bahwa ada alur keuangan yang sehat pada rekening Anda.

Hal ini jadi wajib kalau Anda berstatus bukan pegawai perusahaan.

5. Ikut Lelang

Untuk Anda yang tertarik ikut lelang. Anda  akan diminta rekening koran Anda. Terutama lelang proyek milik swasta atau pemerintah.

Untuk  Peserta lelang wajib memberi bukti kepemilikan dana dengan menunjukkan jumlah saldo yang ada pada rekeningnya. Tidak lupa lampirkan rekening koran dalam dokumen persyaratan lelang.

6. Audit Keuangan Perusahaan

Sebagai perusahaan, rekening koran sangat penting. Fungsi  dari rekening koran perusahaan ini ialah untuk melakukan rekap daftar keuangan, baik transaksi arus masuk dan keluar. Maka apabila ada suatu hal yang tidak wajar pada transaksi rekening perusahaan, hal ini dapat segera diproses.

Cara Mengajukan Rekening Koran

Dalam Pencetakan rekening mungkin hanya membutuhkan sedikit waktu. Bahkan bisa dihitungan menit. Cara untuk  mengajukan rekening koran. Anda bisa  mengunjungi kantor cabang bank terdekat.

Jika  Anda beruntung dan pejabat bank bagian atas sedang berada di tempat, customer service bisa mengeluarkan rekening koran Anda dalam waktu yang sebentar.

Umumnya dalam penerbitan, membutuhkan tanda tangan dari pejabat bank yang sudah senior.

Perlu Anda ingat. Bila dokumen ini tidak bisa diakses secara online, karena biasanya rekening koran membutuhkan stempel atau cap atau legalisir dari pihak bank yang bersangkutan.

Syarat memperoleh rekening koran:

1. Buku Tabungan Asli

Supaya dapat mencetak rekening koran. Untuk  Nasabah harus datang sendiri dengan membawa buku tabungan asli.

Dan memberitahukan kepada petugas customer service bahwa Anda ingin mencetak rekening koran. dan juga  tujuannya dengan menyerahkan buku tabungan yang asli.

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Untuk Petugas bank selanjutnya akan meminta kartu identitas Anda untuk mencocokkan identitas diri dengan buku tabungan Anda. Jadi, bawa KTP atau dokumen identitas lain. Contohnya paspor atau Surat Izin Mengemudi (SIM) jika tidak dapat menunjukkan KTP.

3. Kartu Debit

Syarat lainnya kartu debit.  Petugas customer service dapat meminta nasabah untuk menunjukkan kartu debit untuk  bukti kepemilikan rekening dan nasabah bank.

Tidak lupa bawa kartu debit saat Anda ingin mencetak rekening koran, karena jika Anda membawanya, maka petugas tidak akan dapat memproses permohonan Anda untuk mencetak rekening koran.

4. Biaya Cetak

Untuk Biaya cetak rekening koran sangat beragam tergantung kebijakan masing-masing bank. Sebagai

Demikian artike cerdasakuntansi.com mengenai  Pengertian rekening koran : Kegunaan, Cara mengajukan dan syaratnya , semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan juga dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca juga :

Menerapkan prinsip profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban Bank Adalah
Istilah Penting Akuntansi Biaya Siklus Akuntansi
Kopersai Pemasaran Aktivitas Analisis Data Adalah
Akuntansi Koperasi Pengertian Akuntansi
Dasar Akuntansi Dasar Akuntansi
Opini Audit Adalah Asumsi Adalah
Sistem Adalah Konsep Manajemen
Profesi Akuntansi Akuntansi Dasar
Jurnal Umum dan Khusus Analisa Bukti Transaksi Keuangan
Sistem Adalah Koperasi Produksi
Opini Audit Adalah Konsumen
Sistem Adalah Pengertian Kelangkaan
Profesi Akuntansi Produsen Adalah
Perusahaan Adalah Akuntansi Manajemen
Jurnal Umum dan Khusus Pendapatan Nasional
Bank Adalah Pelaku Ekonomi
Siklus Akuntansi Pasar Input
Analisis Data Adalah Pasar Barang
Logistik Evaluasi Adalah
Pengertian Statistik Manajemen Kinerja
Akuntansi Biaya HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Dokumen Adalah Pamflet adalah
ISO Adalah Manajemen SDM Adalah
Neraca Saldo Adalah Etika Adalah
Efektivitas Adalah Harga Pokok Pesanan
Audit Adalah Target Costing, Adalah
Inkaso Adalah Planning Programing Budgeting System (PPBS), Adalah
CRM Adalah Laporan Cash Flow