Pengertian Neraca Saldo : Manfaat, Tujuan, Fungsi

Posted on
Neraca Saldo  Adalah  Manfaat, Tujuan, Fungsi
Pengertian Neraca Saldo : Manfaat, Tujuan, Fungsi

Pengertian Neraca Saldo : Manfaat, Tujuan, Fungsi

Pengertian Neraca Saldo adalah sebagai suatu daftar yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun yang disusun. Secara sistematis sudah sesuai dengan kode akun yang bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.

Neraca Saldo memepunyai isi berupa daftar yang menerangkan kumpulan saldo berasal dari data yang dipunyai oleh setiap rekening dari pihak- pihak terkait.

Neraca saldo biasanya mempunyai beberapa kolom utama yang digunakan dalam melakukan sautu pendataan. Pada Kolom – kolom tersebut antara lain yaitu kolom neraca itu sendiri, kolom harga pokok produksi, kolom perkiraan besar kecilnya keuntungan atau kerugian dari suatu transaksi dan kolom pembelian serta penjualan.

Neraca Saldo umumnya dikeluarkan pada saat periode akhir untuk digunakan sebagai bahan evaluasi. Hal ini disebabkan neraca ini akan menunjukan kesetabilan perekonomian yang didapat melalui suatu kegiatan ekonomi yang dijalankan selama prosesnya.

Neraca saldo (trial balance) ialah buku yang menyediakan informasi mengenai kumpulan saldo yang berasal dari kata uang dimiliki oleh rekening bank-bank terkait.

Neraca saldo memiliki format beberapa kolom utama yang digunakan untuk melakukan pecatatan atau pendataan berupa nomer akun, nama akun, kolom debet dan kredit.

Jadi Neraca saldo adalah suatu daftar yang berisi kumpulan seluruh jenis nama akun beserta total saldonya yang dibuat dan diurutkan secara sistematis (urut) sesuai dengan golongan dan kode akunnya yang bersumber dari buku besar perusahaan pada perusahaan tertentu.

Manfaat Neraca Saldo

Manfaat dari penyusunan neraca saldo bagi suatu perusahaan ialah :

1

Dapat memudahkan melakukan pengecekan terhadap kebenaran buku besar yang telah dibuat. Ketika pada jurnal buku besar yang dibuat dengan benar sebagai dasar penyusunan neraca saldo, maka jumlah total angka kolom debet dan kredit yang muncul di neraca saldo akan menunjukkan jumlah saldo yang ballance(sama). Dengan demikian neraca saldo dapat dianggap benar.

2

Penyusunan neraca saldo akan bermanfaat sebagai sumber pembuatan kertas kerja (neraca lajur) dan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.

Tujuan dan Fungsi Neraca Saldo

Neraca Saldo memiliki fungsi untuk dapat mendeteksi setiap kesalahan matematika yang telah terjadi dalam sistem akuntansi double-entry yakni pembukuan berpasangan.

Dalam neraca bila disediakan dan terdapat total debit sama dengan total kredit yang dipaparkan secara jelas maka bisa dikatakan bahwa neraca saldo dianggap seimbang serta tidak boleh ada kesalahan matematika yang ditemui dalam buku besar akutansi pihak tersebut.

Tapi, ini tidak berarti tidak ada kesalahan dalam suatu sistem akuntansi perusahaan. misalnya, transaksi diklasifikasikan tidak benar atau mereka hanya hilang dari sistem masih bisa ada suatu kemungkinan kesalahan akuntansi yakni berupa materi yang tidak akan terdeteksi oleh prosedur neraca saldo.

Neraca saldo juga bisa berupa sebuah worksheet pembukuan di mana saldo semua buku besar yang dikompilasi ke dalam kolom debit dan kredit. Suatu perusahaan yang menyiapkan neraca saldo secara berkala, biasanya pada akhir setiap periode pelaporan.

Tujuan umum menghasilkan neraca saldo ialah untuk memastikan entri dalam sistem pembukuan perusahaan secara matematis dan benar.

Neraca saldo biasanya disiapkan oleh pemegang buku atau akuntan yang sudah menggunakan daybooks atau buku harian akutansinya untuk mencatat sebuah transaksi keuangan dan kemudian mempostingnya ke buku besar nominal dan buku besar pribadi.

Neraca saldo merupakan bagian dari sistem pembukuan double-entry dan juga menggunakan format account ‘T’ klasik untuk menyajikan nilai – nilai yang didapat melalui segala kegiatan ekonomi yang berupa transaksi debit dan kredit.

Fungsi Neraca Saldo dimana antara lain

Fungsi persiapan

Neraca saldo dapat berfungsi untuk mempersiapkan pembuatan laporan akhir keuangan pada suatu perusahaan baik perusahaan barang atau jasa.

Fungsi pencatatan

Fungsi pencatatan ialah fungsi utama dari penerapan ilmu akuntansi dalam penyajian data pada perusahaan baik perusahaan barang atau jasa. Setiap data-data akun rekening akan dibuat catatannya oleh neraca saldo dengan penyajian yang ringkas.

Fungsi koreksi

Neraca saldo ialah laporan keuangan yang berguna sebagai bahan evaluasi sebelum pembuatannya hal yang lebih dulu dilakukan yaitu melakukan koreksi terhadap seluruh catatan serta siklus akuntansi. Inilah yang dimaksud dengan fungsi koreksi dari neraca saldo.

Fungsi monitoring

Catatan untuk neraca saldo yang berisi tentang ringkasan data pada setiap akun selain berfungsi sebagai informasi juga dapat berfungsi sebagai monitoring keuangan dalam perusahaan baik perusahaan barang atau jasa.

• Tahapan Menyiapan Neraca Saldo
• Mencatat transaksi ke dalam buku jurnal.
• Memindahkan transaksi-transaksi dari jurnal ke buku besar.
• Menyusun neraca saldo.
• Membuat ayat-ayat penyesuaian.
• Memposting ayat-ayat penyesuaian ke buku besar.
• Menyusun neraca saldo setelah penyesuaian.
• Membuat laporan keuangan.
• Membuat jurnal penutup.
• Memposting jurnal penutup ke buku besar masing-masing.
• Membuat neraca saldo setelah penutupan.11. Membuat jurnal pembalik pada suatu pilihan (option) di awal periode berikutnya.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Neraca Saldo Adalah : Manfaat, Tujuan, Fungsi, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Logistik Evaluasi Adalah
Pengertian Statistik Manajemen Kinerja
Akuntansi Biaya HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Dokumen Adalah Pamflet adalah
ISO Adalah Manajemen SDM Adalah
Neraca Saldo Adalah Etika Adalah
Efektivitas Adalah Harga Pokok Pesanan
Audit Adalah Target Costing, Adalah
Inkaso Adalah Planning Programing Budgeting System (PPBS), Adalah
CRM Adalah Laporan Cash Flow

Leave a Reply

Your email address will not be published.