Pengertian Konsumen : Ciri dan Prilakunya

Posted on
Konsumen Pengertian, Ciri dan Prilakunya

Pengertian Konsumen : Ciri dan Prilakunya

Pengertian konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan juga atau jasa yang tersedia pada masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri. Keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan juga tidak untuk diperdagangkan.

Menurut pengertian Pasal 1 angka 2 UU PK, menjelaskan “Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.”

Sedangkan pada bagian penjelasan disebutkan “Di dalam kepustakaan ekonomi dikenal konsumen akhir dan konsumen antara. Konsumen akhir adalah merupakan pengguna atau pemanfaat akhir dari suatu produk.

Sedangkan konsumen antara adalah merupakan konsumen yang menggunakan suatu produk. Sebagai bagian dari proses produksi suatu produk lainnya. Pengertian konsumen dalam undang-undang ini adalah konsumen akhir”.

Dari ketentuan dalam undang-undang tersebut secara tersurat nampaknya hanya menitik beratkan pada pengertian konsumen sebagai konsumen akhir yang mana hal tersebut bukan merupakan objek pembahasan dalam tulisan ini.

Tetapi secara tersirat juga mengandung pengertian konsumen dalam arti luas.

Hal tersebut nampak pada penggunakan kata “pemakai”. Istilah “pemakai” dalam hal ini tepat digunakan dalam rumusan konsumen untuk mendukung pengertian konsumen akhir,

namun sekaligus juga menunjukkan bahwa barang dan juga jasaa yang dipakai tidak serta merta hasil dari suatu transaksi jual beli. Artinya pada sebagai konsumen tidak selalu harus memberikan prestasinya dengan cara membayar uang untuk memperoleh barang dan juga jasa tersebut.

Dengan kata lain dasar hubungan hukum antara konsumen dan juga pelaku usaha tidak perlu harus kontraktual ((the privity of contract).

Ciri – Ciri Konsumen

a) Dua wujud konsumen

Personal Consumer ialah konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.

Organizational Consumer ialah konsumen ini akan membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

a) Production concept

Konsumen pada umumnya lebih tertarik pada produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak yang diketahui bahwa objek marketing tersebut murah merupakan produksi yang efisien dan jugadistribusi yang intensif.

b) Product concept

Konsumen bisa menggunakan atau juga membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.

c) Selling concept

Marketer memiliki tujuan utama ialah menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi.

d) Marketing concept

Perusahaan dapat mengetahui keinginan konsumen dengan melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing concept.

e) Market segmentation

Dapat membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.

f) Market targeting

Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.

g) Positioning

Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran konsumen.

Pengertian Perilaku Konsumen

a) Perilaku konsumen

Perilaku konsumen merupakan proses dan juga aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pembelian ,pemilihan, penggunaan.

Serta pengevaluasian produk dan juga jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Perilaku konsumen ialah hal – hal yang bisa mendasari konsumen untuk dapat membuat keputusan pembelian.

Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) dalam proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah. Sedangkan pada barang berharga jual tinggi (high-involvement) pada proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.

Perilaku konsumen Perilaku konsumen Adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang di inginkan.

Perilaku Konsumen merupakan tingkah laku dari konsumen. Dimana mereka bisa mengilustrasikan pencarian untuk membeli.

Menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.

Focus pada perilaku konsumen merupakan bagaimana individu membuat keputusan. Untuk dapat menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Konsumen : Ciri dan Prilakunya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Sistem Adalah
Opini Audit Adalah
Sistem Adalah
Profesi Akuntansi
Perusahaan Adalah
Jurnal Umum dan Khusus
Bank Adalah
Siklus Akuntansi
Analisis Data Adalah
Pengertian Akuntansi
Dasar Akuntansi
Asumsi Adalah
Konsep Manajemen
Akuntansi Dasar
Analisa Bukti Transaksi Keuangan
Pengertian Akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published.