Pengertian Jurnal : Umum dan Khusus

2 min read

Jurnal Umum dan Khusus
Pengertian-Jurnal-Umum-dan-Khusus
Pengertian Jurnal : Umum dan Khusus

Pengertian Jurnal : Umum dan Khusus

Pengertian Jurnal Adalah Pencatatan transaksi keuangan secara sistematis milik suatu organisasi atau bisnis. Pada ilmu akuntansi, jurnal dibagi menjadi 2 jenis yaitu jurnal khusus dan jurnal umum :

1. Jurnal umum

Merupakan sebuah jurnal yang digunakan untuk pencatatan segala jenis transaksi keuangan dalam suatu bisnis pada periode tertentu.

2. jurnal khusus

merupakan jurnal yang di kelompokan secara khusus sesuai dengan jenis transaksinya. Transaksi khusus yang dimaksud Ialah transaksi yang sering terjadi dalam setiap bulannya dan selalu berulang-ulang. Ada 4 jenis pengelompokan jurnal khusus adalah : jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan, dan jurnal pengeluaran kas.

Cara Pencatatan Jurnal

Untuk cara pencatatan antara jurnal umum dan jurnal khusus tidak berbeda jauh, yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkah sebelum memasukkan ke dalam buku jurnalnya, berikut langkah-langkahnya :

• Identifikasi setiap transaksi yang akan masuk ke dalam jurnal umum atau jurnal khusus. Jangan sampai salah dalam memasukan transaksi.
• Identifikasi saldonya, apakah bisa mengurangi atau justru malah menambah saldo awal. Perhatikanlah saldo awal dan juga jenis transaksi untuk melakukan identifikasi.
• Telitilah pada menuliskan nominal setiap transaksi, jangan sampai salah dalam menulis.
• Lakukan analisis untuk dapat mengetahui antara yang ada di debit dan di kredit harus sama.
Manfaat Jurnal Umum

• Mengetahui dapat timbul pertambahan atau pengurangan suatu perkiraan.
• Mengetahui jumlah yang bisa dicatat di satu atau lebih perkiraan.
• Mengetahui jumlah yang akan di debet atau di kredit bahwa mesti seimbang.
Dibuat tanda (referensi) supaya dapat diketahui suatu jumlah telah di posting ke perkiraan yang tepat di buku besar sesuai perkiraannya.

Dibuatkan referensi agar (tanda) supaya diketahui suatu jumlah telah dilakukan posting ke perkiraan yang tepat di buku besar, sesuai nomor perkiraannya.

Manfaat Jurnal Khusus

a) Kemudahan Pencatatan secara Sistematis

Pada Jurnal khusus terbagi atas 4 jenis transaksi keuangan, maka transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan dapat dicatat dan juga dikelompokan pada jurnal khusus dengan mudah berdasarkan jenis transaksinya. Kemudahan ini menjadikan setiap laporan keuangan lebih tersistematis dan juga efisien.

b) Mempercepat Proses Data Transaksi

Dengan adanya pengelompokan data, maka pemrosesan laporan keuangan dapat lebih cepat terjadi. Sebagai contoh, jika ada 50 kali transaksi sejenis, pada jurnal umum akan tetap dicatat dan dikelompokan sebanyak 50 kali juga. Sedangkan pada jurnal khusus hanya perlu mengelompokan datanya satu kali saja, berdasarkan jenis akun.

c) Menyajikan Data Lebih Cepat & Jelas

Karena jurnal khusus memuat transaksi-transaksi keuangan yang sejenis. Seperti pembelian barang dagangan atau penerimaan kas perusahaan saja. Maka data keuangan bisa disajikan lebih cepat dan jelas berdasarkan pengelompokan data tersebut.

d) Mempermudah Proses Pemostingan ke Buku Besar

Jurnal khusus dapat memberika pemostingan data ke buku besar bisa dilakukan secara berkala. bisa lebih praktis dan juga mudah karena dalam jurnal khusus semua transaksi yang sejenis dibukukan dengan akun yang sama. Sehingga pemostingan beberapa transaksi keuangan pun bisa dilakukan secara bersamaan berdasarkan jenis akunnya.

e) Memudahkan Pemeriksaan Secara Berkala

Pemeriksaan kembali dapat terjadi secara berkala dalam sebuah perusahaan baik secara internal maupun eksternal oleh auditor publik. Dengan adanya jurnal khusus, transaksi keuangan sejenis yang telah banyak tercatat dalam perusahaan akan dibukukan secara ringkas dan praktis pada satu jurnal khusus sehingga memberikan kemudahan bagi auditor internal maupun eksternal untuk melakukan pemeriksaan.

Menggunakan jurnal khusus pada laporan keuangan perusahaan, jelas akan memberi kemudahan dan efisiensi bagi pencatatan keuangan bisnis Anda. Kemudahan pencatatan yang dimiliki Jurnal khusus ini. Sama halnya pada sifat yang dimiliki oleh software akuntansi online.

Menggunakan software akuntansi online Jurnal dapat memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan untuk memiliki berbagai laporan sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Fungsi Jurnal Umum & Jurnal Khusus

a) Jurnal Umum

Jurnal umum memiliki 5 fungsi penting bagi sebuah perusahaan, adapun kelima fungsi tersebut adalah sebagi berikut:

• Fungsi Historis: Pencatatan setiap transaksi dilakukan berdasarkan waktu terjadinya transaksi, sehingga jurnal umum bisa mengambarkan kegiatan perusahaan sehari-hari dalam satu bulan.
• Fungsi Pencatatan ialah Jurnal umum digunakan untuk melakukan berbagai hal pencatatan keuangan yang terjadi dalam perusahaan selama periode waktu tertentu.
• Fungsi Analisis ialah Menganalisis semua transaksi untuk mengetahui akun mana yang harus di debit maupun di kredit.
• Fungsi Instruksi: Merupakan perintah untuk melakukan pencatatan pada buku besar baik yang di debit maupun di kredit sesuai dengan hasil analisis.
• Fungsi Informatif ialah Jurnal umum memiliki fungsi sebagai informasi melalui pencatatan transaksi yang dilakukan.

b) Jurnal Khusus

Sedangkan jurnal khusus dikelompokan menjadi 4 jenis berdasarkan fungsinya, berikut jenis-jenis fungsi jurnal khusus adalah sebagi berikut :

1

Jurnal Pembelian, berfungsi untuk mencatat semua transaksi pembelian barang usaha secara kredit.

2

Jurnal Penjualan, untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan penjualan barang usaha secara kredit.

3

Jurnal Penerimaan Kas, agar dapat mencatat semua transaksi penerimaan uang dari berbagai sumber pemasukan.

4

Jurnal Pengeluaran Kas, untuk mencatat semua transaksi pengeluaran uang dari berbagai sumber pengeluaran.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Jurnal  Umum dan Khusus : Cara, Manfaat, Fungsi dan contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Menerapkan prinsip profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban Bank Adalah
Istilah Penting Akuntansi Biaya Siklus Akuntansi
Kopersai Pemasaran Aktivitas Analisis Data Adalah
Akuntansi Koperasi Pengertian Akuntansi
Dasar Akuntansi Dasar Akuntansi
Opini Audit Adalah Asumsi Adalah
Sistem Adalah Konsep Manajemen
Profesi Akuntansi Akuntansi Dasar
Jurnal Umum dan Khusus Analisa Bukti Transaksi Keuangan