Pengertian Ekonomi : Tujuan, Komponen, Faktor

Posted on
Pengertian-Ekonomi-Tujuan-Komponen-Faktor-1

Pengertian Ekonomi : Tujuan, Komponen, Faktor

Pengertian Ekonomi ialah suatu ilmu sosial yang mempelajari tentang kegiatan manusia yang berkaitan dengan aktivitas produksi, distribusi dan juga konsumsi terhadap barang dan jasa.

Pembangunan ekonomi ialah Proses untuk menaikkan pendapatan total. Dan juga perkapita melalui perhitungan pertambahan penduduk suatu negara dengan disertai perubahan fundamental terhadap struktur ekonomi negara dan pemerataan pendapatan penduduknya.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi memiliki beberapa tujuan untuk mencapai kesejahteraan terhadap pendapatan perkapitanya, antara lain :

Agar meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan pemerataan pendapatan. Untuk Meningkatkan kesempatan kerja dengan menambah bidang-bidang kerja yang bisa menyerap banyak tenaga kerja Memperbaiki mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap budaya nilai-nilai luhur termasuk agama, sosial dan juga kultur agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya lain yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu negara Menghindari kemungkinan inflasi

Komponen Dalam Pembangunan Ekonomi

Pembangunan di bidang ekonomi umumnya mempunyaii tiga komponen yang harus terpenuhi. Tiga komponen tersebut meliputi ialah :

a. Pembangunan Bagian dari Suatu Proses

Pembangunan ialah bagian dari suatu proses, yang berarti dalam pembangunan ekonomi memerlukan tahapan-tahapan yang harus dilakukan suatu negara. Tahapan yang dimaksud bisa termasuk keadilan, kemakmuran dan kesejateraan penduduk suatu bangsa. Bangsa yang membangun ekonominya Ialah bangsa yang mau berproses.

b. Pembangunan Berorientasi untuk Meningkatkan Pendapatan

Misi utama dalam economic development Ialah untuk meningkatkan pendapatan perkapita dengan tindakan aktif. Oleh karenya dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat dan elemen-elemen lainnya dalam negara untuk saling berpartisipasi melakukan perbaikan ekonomi. Hal ini sangat penting sebagai suatu upaya untuk mencerminkan kesejahteraan masyarakat melalui kenaikan pendapatan perkapita.

c. Peningkatan Pendapatan Jangka Panjang

Dalam Suatu negara bisa dibilang sudah melalui proses peningkatan ekonomi. Apabila dalam kurun waktu tertentu pendapatan perkapitanya cenderung meningkat dan secara terus menerus mengalami peningkatan.

Pembangunan ekonomi seharusnya dapat menunjukkan perubahan-perubahan signifikasi setiap tahunnya meskipun disaat tertentu mengalami kekacauan misalnya saja akibat bencana alam. Yang terpenting Ialah dapat menunjukkan bahwa setiap tahunnya terjadi peningkatan pendapatan perkapita.

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Ada dua faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, diantaranya Ialah:

a. Faktor Ekonomi

Beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi berdasarkan faktor ekonomi Ialah sumber daya manusia, sumber daya alam, keahlian, dan entrepreneurship.

Sumber Daya Manusia sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan nasional melalui kualitas dan kuantitas produk.

Sumber Daya Alam meliputi kesuburan tanah, keadaan iklim/ cuaca, hasil laut, dan hasil tambang, yang berhubungan dengan penyediaan bahan baku produksi dan sangat mempengaruhi pertumbuhan industri suatu negara.

Entrepreneurship/ kewirausahaan dan keahlian sangat diperlukan dalam pengelolaan bahan mentah hasil alam menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

b. Faktor Non-ekonomi

Tidak berhubungan dengan sumber daya dan keahlian, tetapi bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Faktor ini diantaranya Ialah kondisi kultur sosial masyarakat sebuah negara, Politik, Kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku di masyarakat.

Indikator Pembangunan Ekonomi

Tolak ukur economic development suatu negara berdasarkan beberapa indikator yang bisa terpenuhi. Agar dapat digunakan sebagai gambaran bahwa negara tersebut sedang melalui proses pembangunan ekonomi. Indikator tersebut mencakup indikator ekonomi dan sosial.
Indikator ekonomi mencakupii laju pertumbuhan ekonomi sebagai proses adanya kenaikan output perkapita. Dalam kurun waktu lama serta adanya peningkatan produk nasional bruto perkapita.

Sedangan indikator sosialnya meliputi indeks dari pembangunan sumber daya manusianya (harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak) dan indeks mutu hidup (angka kematian dan harapan hidup pada usia satu tahun).

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi mempunyai beberapa tujuan untuk mencapai kesejahteraan terhadap pendapatan perkapitanya, yaitu antara lain:

• Untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan pemerataan pendapata Untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan pemerataan pendapatan

• Meningkatkan kesempatan kerja dengan menambah bidang-bidang kerja yang dapat menyerap banyak tenaga kerja

• Memperbaiki mutu pendidikan agar meningkatkan kualitas sumber daya manusianya

• Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap budaya nilai – nilai luhur termasuk sosial, agama dan kultur agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya lain yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu negara

• Menghindari kemungkinan inflasi

Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Economic development tidak selalu memberikan dampak positif untuk negaranya. Bisa jadi pembangunan yang sedang berlangsung mendapatkan efek samping tertentu yang bersifat negatif. Berikut iniyang merupakan dampak positif dan negatif adanya pembangunan di bidang ekonomi:

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi :

• Meningkatkan dan melancarkan proses pertumbuhan ekonomi sebuah negara
• Mengurangi pengangguran dengan cara meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan yang berpengaruh terhadap pendapatan nasional
• Keberagaman kegiatan ekonomi negara-negara
• Peningkatan kualitas sumber daya manusia karena adanya tuntutan pendidikan dan teknologi
• Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi
• Pada economic development yang tidak direncanakan dengan baik dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup
• Pembangunan di bidang ekonomi sering berorientasi pada pembangunan insfrakstruktur dan industri yang dapat menyebabkan berkurangnya lahan pertanian dan terbuka hijau.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pembangunan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Komponen, Faktor, Indikator dan Dampaknya, semoga dapat bemanfaat, terima kasih

Baca juga :

Akuntansi Manajemen : Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Dokumen : Akumulasi Biaya dan Overhead
ISO Adalah : Tujuan, Manfaat, dan Jenis – Jenis ISO
Pengertian Efektivitas : Kriteria, Aspek, dan Contohnya
CRM Adalah : Fungsi dan Tujuan, Komponen, serta Tahapan CRM
Evaluasi Adalah : Tujuan, Fungsi, dan Tahapan Evaluasi
Manajemen Kinerja Adalah : Manfaat, dan Syarat-Syarat, Tujuannya
HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Manajemen SDM Adalah : Unsur, Faktor dan Tahapan
Etika Adalah : Pengertian dan Jenisnya
Metode Harga Pokok Pesanan : Syarat dan Kelebihannya
Target Costing Adalah : Tujuan, Kegunaan dan Tahapan
Pengertian PPBS : Planning Programing Budgeting System
Laporan Cash Flow : Elemen, Metode, Manfaat dan Contohnya
Kualitas Adalah : Indikator dan Manfaat
Analisa Resiko : Pengertian dan Probabilitasnya
Estimasi Biaya : Metode, Manfaat dan Contoh
Perkembangan Akuntansi
Pengertian Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya
Pengertian Supply Chain Management : Komponen, Tujuan dan Proses
Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya
Bank Adalah : Sumber Dana Bank
Laporan Keuangan Adalah : Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat
Perusahaan dagang Adalah : Ciri, Jenis dan Kegiatan
Break Even Point Adalah : Analisis, Faktor dan Rumus
Pasar Uang Adalah : Instrumen dan Jenis
Manajemen File Adalah : Arsitektur, Manfaat dan Fungsi
Grafik Adalah : Tujuan dan Fungsi
Manajemen Personalia Adalah : Tujuan, Fungsi dan Tugas
Manajemen Informatika Adalah : Ruang Lingkup

Leave a Reply

Your email address will not be published.