Mengoperasikan Aplikasi : Komputer Akuntansi

2 min read

Komputer Akuntansi Mengopersikan Aplikasi

Mengoperasikan Aplikasi

Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan. (*Mengoperasikan Aplikasi)

Selanjutnya untuk pengertian Akuntansi itu sendiri adalah sistem informasi yang mencatat, mengumpulkan dan mengkomunikasikan data keuangan untuk tujuan pengambilan keputusan. Sistem akuntansi yang efektif memberikan tiga tujuan luas.

Pertama, pelaporan internal ke manajer untuk perencanaan dan pengendalian kegiatan rutin. Kedua, pelaporan internal untuk perencanaan strategik, dan ketiga untuk pihak eksternal yaitu: pemegang saham, pemerintah dan pihak luar lainnya. Ketiga-tiganya dihasilkan melalui pemrosesan data yang disebut transaksi akuntansi. (*Mengoperasikan Aplikasi)

A. Data Awal Perusahaan

Data awal perusahaan adalah sumber informasi yang akan dimasukan pertama kali kedalam Mengoperasikan Aplikasi komputer akuntansi sebagai kelengkapan dasar sebelum dimasukannya transaksi ke dalam komputer akuntansi. (*Mengoperasikan Aplikasi)

B. Saldo Awal

saldo awal adalah nilai sisa dari pembukuan periode sebelunya, sehingga untuk menentukan atau mendapatkan saldo awal kita dapat melihat pada periode sebelumnya, beberapa saldo awal yang harus dimasukan antara lain

  • neraca saldo untuk memasukan saldo awal akun
  • saldo piutang dan utang
  • saldo persedian

Cara memasukan saldo awal ke Mengoperasikan Aplikasi komputer akuntansi yaitu :

a. memasukan nerca saldo :

setup – Blance – Account Opening Balance

b. memasukan saldo piutang dan utang :

setup – Blance – Customer Balance / Supplier Balance

c. masukan saldo persedian

Masukan ke menu Inventory – Count Inventory – Adujust Inventory

C. Entri Transaksi

Transaksi merupakan kegiatan bisnis yang dapat diukur dengan uang, sehingga transaksi harus memiliki unsur nominal yang dapat diukur dengan nilai uang. (*Mengoperasikan Aplikasi)

kegiatan bisnis tersebut memunculkan beberapa jenis transaksi yang dapat dimasukan kedalam program Mengoperasikan Aplikasi komputer akuntansi, antara lain. sebagai berikut :

a. permintaan penjualan – order penjualan ( bukti order ) – penjualan ( Faktur) – retur penjualan (nota debet) – pelunasan penjualan ( customer payment/ receive payment)

b. Permintaan pembelian – order pembelian ( bukti order) – Pembelian (faktur) – retur pembelian ( nota kridit) – pelunasan pembelian ( vendor payment/ pay bill)

c. penerimaan kas dari kegiatan diluar usaha

transaksi tersebut tergolong transaksi penerima kas/ bank. pencatatan pada komputer yaitu menu kas/ banking – receive money.

d. pembayaran beban seperti pembayaran listrik, telfon, dan beban lainya.

Transaksi tersebut tergolong transaksi pengeluaran kas/bank. pencatatan pada komputer yaitu menu kas/ banking – spend money

4. Backup file

Backup data adalah kegiatan menyimpan file data dalam bentuk ZIP dan meletakannya di folder BACKUP tujuan dari backup data adalah mengantisipasi terjadinya masalah dalam keamanan dan kehilangan data.

dengan melakukan backup data, pengguna memliki file cadangan apabila sewaktu – waktu terjadi kerusakan atau kehilangan data yang telah dibuat dalam Mengoperasikan Aplikasi komputer akuntansi. (*Mengoperasikan Aplikasi)

sehingga pengguna tidak perlu mengetry/ memasukan data dari awal lagi. backup data apabila pengguna ingin meninggalkan atau menutup program MYOB.

a. klik file backup , kemudian muncul dialog

b. klik tombol Continue, setelah itu, biarkan muncul proses berjalan beberapa saat sampai muncul tampilan direktori

c. pilih media penyimpanan yang akan digunakan melalui kotak save in , misalnya akan disimpan pada flasdisk , CD , atau media penyimpanan lainnya

d. ubah nama file , selanjutnya klik save, tunggu proses selesai, maka data pengguna telah di – backup di flasdisk

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi Mengopersikan Aplikasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat. terima kasih

Baca Juga :

Perbankan : Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contohnya
Produk Bank Syariah : Manfaat Menggunakan Produk
Dasar Perbankan : Jenis dan Fungsinya
Sejarah Ekonomi, Perkembangan Ekonomi Islam
Etika Bisnis Syariah dan Penjelasannya
Ruang Lingkup Syariah, Pengertian dan Cirinya
Syariah, Prinsip, Rukun Jual Beli dan Manfaatnya
Manajemen Bisnis Syariah, Konsep, Ajaran Islam dan Landasan Pokok
Bank : Sejarah Sistem Perbankan, Bunga Bank Sebagai Riba
Perusahaan Manufaktur, Laporan, Laba Rugi, Neraca
Analisa adalah : Karakteristik dan Pengaruh
Biaya Bahan Baku Adalah : Pengendalian, Metode
Manajemen Bisnis : Konsep, Fungsi
Pengertian Bahan Baku : Perolehan, Penyimpanan
Aset Tetap Adalah, Cara, Konsep, Jenis , Karakteristik dan Contoh
Kombinasi Bisnis : Tujuan, Metode dan Alasan
Pengertian Agen : Sistem, Perbedaan, Laporan dan Hubungannya