Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya

3 min read

Marketing Adalah
Marketing Adalah
Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya

Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya

Marketing adalah suatu rangkaian aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Dengan Cara membuat produk, menentukan harganya. Tempat penjualannya dan juga mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.

Agar lebih meyakinkan lagi tentang definisi marketing disini akan mengulas tentang pengertian marketing manurut para ahli secara lengkap. Oleh sebab itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Jay Abraham

Menurut Jay Abraham menjelaskan bahwa marketing bisa dianggap suskes maka kamu sudah tampak baik bagi pelanggan kamu.

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler menyatakan bahwa marketing adalah suatu kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok supaya mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat suatu produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.

Tung Desem Waringin

Menurut Tung Desem Waringin menjelaskan bahwa marketing adalah mengkomunikasikan suatu nilai tambah/perceive value yang lebih tinggi.

Laksita Utama Suhud

Menurut Laksita Utama Suhud menyatakan bahwa Marketing adalah berbagai usaha yang harus dilakukan supaya membuat sebuah bisnis atau usaha selalu tampak lebih baik di kalangan pasar dibanding para pesaing bisnis.

John Westwood

Menurut John Westwood menjelaskan bahwa marketing adalah sebuah usaha terpadu supaya terpenuhnya semua kebutuhan konsumen secara menguntungkan.

Firmanzah

Menurut Firmanzah menjelaskan bahwa ilmu marketing yang dikembangkan dikalangan bisnis & diarahkan untuk mengejar sebuah laba.

Yuswohady

Menurut Yuswohady menjelaskan bahwa marketing adalah ilmu supaya memenangkan sebuah persaingan.

Bagozzi

Menurut Bagozzi menjelaskan bahwa marketing adalah suatu kegiatan yang memungkinkan terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak bahkan lebih.

Al Ries & Jack Trout

Menurut keduanya menjelaskan bahwa marketing ialah sebuah pertempuran dalam benak konsumen sehingga positioning ialah yang terutama, konsumen diasumsikan selaku makhluk yang rasional.

Hermawan Kertajaya

Menurut Hermawan Kertajaya menjelaskan bahwa marketing adalah strategic business concept yang merekat dalam mindset.

Hasan (2013:4)

Menurut Hasan menjelaskan bahwa marketing ialah suatu proses mengidentifikasi, menciptakan dan mengkomunikasikan nilai, serta memelihara hubungan yang memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Swastha dan Irawan, (2008:5)

Menurut keduanya menjelaskan bahwa marketing ialah salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba”.

Fungsi Marketing dalam Perusahaan

Pada Setiap perusahaan mengandalkan marketing dalam upaya menghasilkan penjualan dan pendapatan bagi perusahaan tersebut. Itulah sebabnya proses marketing menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi semua bisnis.

Sesuai dengan pengertian marketing di atas, merupakan beberapa fungsi marketing ialah sebagai berikut:

Fungsi Pertukaran

Melalui kegiatan marketing, maka barang dapat dikenal dan diminati oleh suatu pasar. Dalam hal ini fungsi pertukaran adalah pembelian produk yang dilakukan konsumen dengan menukar uangnya dengan produk yang ditawarkan.

Fungsi Distribusi Fisik

Produk yang dihasilkan oleh produsen tentunya tidak langsung tiba di depan konsumen begitu saja, ini melalui proses distribusi. Distribusi fisik melalui berbagai proses, mulai dari pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.

Fungsi Perantara

Kegiatan marketing juga berfungsi sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Fungsi perantara ini dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pencarian informasi, pembiayaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.

Secara garis besar, tiga poin di atas merupakan fungsi utama dari marketing. Selain itu, pada beberapa fungsi lain dari kegiatan marketing ialah sebagai berikut:

Berfungsi sebagai sales, yaitu aktivitas penjualan produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Berfungsi sebagai alat promosi, yaitu aktivitas memperkenalkan suatu produk atau perusahaan kepada khalayak luas dengan tujuan agar produk atau perusahaan tersebut diminati oleh masyarakat.

Berfungsi untuk riset dan pengembangan, yaitu proses marketing yang menyerap berbagai informasi bermanfaat mengenai tanggapan masyarakat terhadap produk sehingga perusahaan dapat melakukan peningkatan kualitas produk di masa depan.

Berfungsi untuk mewujudkan konsep marketing communication, yaitu peran marketing dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat atau perusahaan lain.

Konsep MarketingMengacu pada pengertian marketing di atas, secara garis besar ada empat konsep dasar marketing. Adapun konsep marketing adalah sebagai berikut:

Produksi

Produksi adalah proses mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau menambah nilai guna suatu produk (barang maupun jasa). Tim marketing suatu perusahaan harus melakukan riset untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasar.

Selai itu. Pada tim marketing juga harus mengamati para pemain di ceruk tersebut dan harga yang berlaku di pasar. Inilah yang menjadi acuan dalam perencanaan dan produksi yang dilakukan oleh perusahaan.

Produk

Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak. Produk dapat dibedakan dalam 3 kategori, yaitu barang, jasa, dan gagasan/ ide.

Semua konsumen menginginkan produk yang berkualitas, harga terjangkau, dan unik. Dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi menjadi hal yang penting dalam proses marketing itu sendiri. Tanpa adanya produk berkualitas jadi dengan sendirinya proses marketing akan sangat sulit dilakukan.
Pemasaran

Pemasaran adalah semua aktivitas yang dilakukan seseorang atau organisasi dalam upaya memenuhi permintaan pasar. Kegiatan pemasaran ini meliputi menciptakan produk bernilai jual, penentuan harga, promosi, pelayanan pelanggan, dan lain-lain.

Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu pasar. Dengan kata lain, kepuasan konsumen menjadi sesuatu yang sangat penting dalam proses pemasaran.

Penjualan

Semua aktivitas produksi dan pemasaran pada akhirnya akan bermuara pada angka penjualan produk. Semakin besar angka penjualan maka idealnya keuntungan perusahaan juga akan semakin besar.

Kegiatan penjualan ini seringkali dilakukan dengan memberikan nilai tambah kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan bonus dengan jumlah pembelian tertentu yang pada akhirnya menambah angka penjualan.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih

Baca juga :

Akuntansi Manajemen : Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Dokumen : Akumulasi Biaya dan Overhead
ISO Adalah : Tujuan, Manfaat, dan Jenis – Jenis ISO
Pengertian Efektivitas : Kriteria, Aspek, dan Contohnya
CRM Adalah : Fungsi dan Tujuan, Komponen, serta Tahapan CRM
Evaluasi Adalah : Tujuan, Fungsi, dan Tahapan Evaluasi
Manajemen Kinerja Adalah : Manfaat, dan Syarat-Syarat, Tujuannya
HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Manajemen SDM Adalah : Unsur, Faktor dan Tahapan
Etika Adalah : Pengertian dan Jenisnya
Metode Harga Pokok Pesanan : Syarat dan Kelebihannya
Target Costing Adalah : Tujuan, Kegunaan dan Tahapan
Pengertian PPBS : Planning Programing Budgeting System
Laporan Cash Flow : Elemen, Metode, Manfaat dan Contohnya
Kualitas Adalah : Indikator dan Manfaat
Analisa Resiko : Pengertian dan Probabilitasnya
Estimasi Biaya : Metode, Manfaat dan Contoh
Perkembangan Akuntansi
Pengertian Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya
Pengertian Supply Chain Management : Komponen, Tujuan dan Proses
Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya
Bank Adalah : Sumber Dana Bank
Laporan Keuangan Adalah : Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat
Perusahaan dagang Adalah : Ciri, Jenis dan Kegiatan
Break Even Point Adalah : Analisis, Faktor dan Rumus
Pasar Uang Adalah : Instrumen dan Jenis
Manajemen File Adalah : Arsitektur, Manfaat dan Fungsi
Grafik Adalah : Tujuan dan Fungsi
Manajemen Personalia Adalah : Tujuan, Fungsi dan Tugas
Manajemen Informatika Adalah : Ruang Lingkup

Leave a Reply

Your email address will not be published.