Manajemen Perencanaan, Kontroler dan Akuntansi Biaya

Posted on
Manajemen,Perencanaan, Pengorganisasian, Anggaran, Kontroler dan Akuntansi Biaya

Manajemen Perencanaan, Pengorganisasian, Kontroler dan Akuntansi Biaya

Adalah dimana proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, atau juga dimana komunikasi informasi yang sering digunakan oleh manajemen untuk dapat merencanakan.

Mengevaluasi dan juga pengendalian dalam suatu entitas dan untuk dapat memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan

sumber daya tersebut. Akuntansi manajemen juga dapat meliputi penyusunan laporan keuangan untuk suatu kelompok non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur atau juga otoritas pajak”

Akuntansi Sebagai Alat Perencanaan

a) Perencanaan

merupakan suatu cara organisasi untuk dapat menertapkan tujuan dan sasaran organisasi. Perencanaan meliputi aktivitas yang sifatnya stategik, taktis dan melibatkan aspek operasional.

Dalam hal perencanaan oprganisasi akuntansi menejemen berperan dalam pemberian informasi historis dan prospektif untuk dapat menfasilitasi perencanaan.

Dalam organisasi sektor publik, lingkungan ini juga dapat mempengaruhi sangat suatu heterogen. Faktor politik maupun juga ekonomi sangat dominan dalam mempengaruhi tingkat kestabilan organisasi ini.

Informasi akuntansi juga sangat diperlukan untuk dapat membuat suatu prediksi-prediksi dan juga estimasi dimana mengenai suatu kejadian ekonomi yang akan datang jika diakitkan dengan keadaan ekonomi dan juga politik saat ini.

b) Informasi sebagai alat perencanaan

Informasi sebagai alat perencanaan yang pada dasarnya juga dapat dibedakan menjadi 3 bagian yakni:

1

Informasi yang berdasarkan sifatnya rutin ataukah ad hoc

2

Informasi kuantitatif ataukah kualitatif

3

Informasi ini juga disampaiakan melalui saluran formal atau juga informal

Informasi yang juga sifatnya rutin diperlukan untuk perencanaan yang reguler,yang misalnya laporan keuangan bulanan, triwulanan, semesteran atau juga bulanan.

Sementara itu juga organisasi sektor publik juga seringkali menghadapi suatu masalah juga yang sifatnya temporer dana akan juga sangat membutuhkan informasi yang sifatnya segera.

Untuk dapat melakukan perencanaan temporer juga sangat diperlukan informasi yang sifatnya temporer.

Pengertian Pengorganisasian

a) Pengorganisasian  

adalah langkah untukmenetapkan, menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan, menetapkan tugastugas pokok,

wewenang dan pendelegasian wewenang oleh pimpinan kepada staf dalam rangka mencapai tujuan organisasi.Berdasarkan defenisi tersebut maka

Fungsi pengorganisasian merupakan alat untuk memadukan (sinkronisasi) dan mengatur semua kegiatan yang ada kaitannya dengan personil, finansial, materil dan tata cara untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama.

Pengertian akutansi anggaran

a) Akutansi anggaran

Istilah pengorganisasian ini juga memiliki berbagai macam pengertian. Istilah tersebut juga dapat digunakan untuk menunjukkan hal-hal berikut ini yakni :

1.Cara manajemen merancang struktur formal untuk dimana penggunaan yang paling efektif sumber daya- sumberdaya keuangan phisik,bahan baku,dan juga tenaga kerja organisasi.

2.Bagaimana organisasi ini juga mengelompokkan kegiatan-kegiatannya ,dimana setiap pengelompokan dapat diikuti dengan penugasan seorang manajer yang akan diberi wewenang untuk dapat mengawasi anggota-anggota kelompok.

3.Hubungan antara fungsi-fungsi, jabatan-jabatan,tugas-tugas atau juga para karyawan.

Akuntansi anggaran ialah salah satu bidang akuntansi yang juga berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang lalu kemudian bertujuan untuk membandingkan dengan pengeluaran yang sebenarnya (aktual).

Akuntansi anggaran akan ini akan menguraikan aktivitas keuangan dalam jangka waktu yang tertentu yang dijalankan melewati sistem analisa dan juga pengawasan. Akuntansi anggaran merupakan suatu bagian dari akuntansi manajemen.

Pengertian Akuntansi Biaya

a) Akuntansi Biaya

Pengertian akuntansi biaya merupakan dimana suatu proses pencatatan, pengolongan,

peringkasan serta dapat penyajian atas biaya pembuatan maupun juga penjualan produk atau jasa dengan menggunakan cara yang tertentu serta penjelasan:

Akuntansi biaya ini juga bisa digunakan dalam pemenuhan kebutuhan pihak eksternal dan juga pihak internal perusahaan.

Informasi biaya ini untuk internal perusahaan juga biasanya ini akan disajikan dapat menyesuaikan dengan suatu kebutuhan manajemen.

lalu Sedangkan yang akan disajikan untuk pihak eksternal yang berbentuk laporan laba rugi atau juga neraca perusahaan.

Tujuan Akuntansi Biaya

a) Perencanaan serta pengendalian biaya

Manajemen menyusun estimasi pendapatan dan juga biaya dalam pencapaian tujuan yang akan ditetapkan perusahaan.

Dasar estimasi biaya tersebut adalah data historis, namun fakor lain yang berpotensi memiliki pengaruh terhadap biaya juga akan dipertimbangkan.

lalu Kemudian manajemen akan menelaah apakah biaya-biaya yang akan terjadi telah sesuai dengan perencanaan estimasi biaya yang telah disusun.

lalu Apabila ada penyimpangan maka manajemen harus juga menganalisa apa yang menjadi penyebabnya dan juga akan memepertimbangkan tindakan koreksi yang akan dibutuhkan

-Untuk menentukan suatu harga pokok dari suatu produk ataupun juga jasa yang diproduksi oleh perusahaan dengan tepat serta juga teliti serta meringkas semua biaya produksi atau penyerahan jasa.

Biaya yang disajikan merupakan biaya historis perusahaan. Umumnya penentuan harga pokok produknya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dari manajemen puncak dan pihak eksternal.

Maka dari itu semua, proses penyusunan akuntansi biaya ini dalam penentuan harga yang pokoknya berdasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan yang telah berlaku

b) Pengambilan Keputusan Manajemen

Keputusan khusus ini akan menyangkut masa yang akan mendatang. Maka informasi akuntansi yang relevan dengan pengambilan suatu keputusan khusus selalu akan berhubungan dgn informasi yang akan datang.

Laporan akuntansi biaya yang dimana bertujuan untuk dapat pengambilan sebuah keputusan merupakan bagian dari “akuntansi manajemen”

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Manajemen, Perencanaan, pengorganisasian, Angaran, Kontroler dan Akuntansi Biaya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Sistem Adalah
Opini Audit Adalah
Sistem Adalah
Profesi Akuntansi
Perusahaan Adalah
Jurnal Umum dan Khusus
Bank Adalah
Siklus Akuntansi
Analisis Data Adalah
Pengertian Akuntansi
Dasar Akuntansi
Asumsi Adalah
Konsep Manajemen
Akuntansi Dasar
Analisa Bukti Transaksi Keuangan
Pengertian Akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published.