Manajemen Bisnis : Konsep, Fungsi

3 min read

Pengertian Manajemen Bisnis Rencana, Komponen, Konsep, Fungsi, Manfaat dan Tujuannya
Pengertian Manajemen Bisnis  Rencana, Komponen, Konsep, Fungsi, Manfaat dan Tujuannya
Manajemen Bisnis : Konsep, Fungsi

Manajemen Bisnis : Konsep, Fungsi

Manajemen bisnis Adalah kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis. dia mencangkup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan suatu bisnis untuk mencapai suatu tujuan yang kamu inginkan. Dari usaha besar sampai usaha kecil pun harus menggunakan manajemen bisn

Rencana dalam Manajemen Bisnis

Rencana pada berbisnis tentu menjadi poin penting yang sangat berperan dalam kesuksesan untuk para pebisnis. Terlepas dari status sebagai pemula atau pun senior, manajemen bisnis yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik juga.

Selain itu ketahanan akan segala jenis tantangan dan juga hambatan juga bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda. strategi pada berbisnis pun harus bisa disusun untuk bisa mengetahui tren di pasaran sehingga bisnis tetap bertahan.

Mengingat rencana bisnis Ialah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, mala semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun harus terencana secara sempurna.

Tidak boleh mengabaikan target pencapaian jangka pendek hingga jangka panjangnya. Sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap tata kelola dan manajemen bisnis yang akan Anda jalankan. Perencanaan secara keseluruhan dengan detil dan matang akan membuat gambaran dari bisnis bisa lebih tampak nyata yang membuat Anda lebih mudah dalam menjalankannya.

Komponen Penting Dalam Menyusun Manajemen Bisnis

a) Deskripsi usaha jelas

Apapun bisnis yang akan Anda jalankan, pastikan untuk memiliki deskripsi nya secara jelas yang mampu dipahami secara mudah dan jelas oleh semua orang. deskripsi bisnis ini harus mencakup bentuk usaha, produk nantinya yang akan dijual atau penawaran jasa, rugi dan untung, biaya operasional, harga yang dipatok hingga sistem kerjanya.

Sertakan visi dan juga misi perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai. Tidak lupa deskripsikan juga terkait manajemen inti, lokasi usaha, konsep dari manajemen, target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.

b) Lakukan analisa pesaing

Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan analisa terhadap pesaing untuk bisnis Anda. Hal ini ditujukan dapat Anda bisa menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis Anda. jalankan analisa serta pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari segi kelemahan dan kekuatan pesaing.

c) Strategi pemasaran

Dengan strategi pemasaran yang baik, jadi besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan di pasaran bisa didapatkan. Pastikan merencanakan manajemen bisnis anda dengan tepat mulai dari tempat, promosi produk, biaya, target promosi hingga media untuk berpromosi. Rencanakan seluruh anggaran secara rinci sehingga Anda dapat menghitung segala kemungkinan yang ada.

d) Laporan keuangan

Manajemen Ialah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian. Dimana dalam masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan dan juga keahlian serta diikuti secara berurutan dan tujuan yang telah ditetapkan.

 Fungsi Manajemen 

a)  Planning (Perencanaan)

Perencanaan Ialah suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi. Sebagai salah satu fungsi manajemen dan perencanaan menempati fungsi pertama dan utama diantara fungsi-fungsi manajemen lainnya.

Perencanaan meliputi :

1

Landasan perencanaan

2

Perencanaan strategis

3

Pengambilan keputusan

4

Analisis kebutuhan

b)  Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian merupakan proses kerja sama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.  Jadi dalam setiap organisasi terkandung tiga unsur, yaitu kerja sama, dua orang atau lebih, dan tujuan yang hendak dicapai.

Pada proses pengorganisasian menyangkut proses bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna untuk pencapaian organisasi.

Organizing meliputi :

  • Desain kerja
  • Struktur organisasi
  • Perubahan
  • Pembagian tugas

c) Actuating (Pengarahan) 

Pengarahan adalah suatu proses pembimbingan, pemberian petunjuk, dan instruksi bawahan agar mereka bekreja sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Actuating meliputi :

  • Kepemimpinan
  • Kepercayaan
  • Komunikasi
  • Motivasi

d) Controlling (Pengawasan)

Controlling adalah salahsatu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi terhadap apa yang dilakukan sehingga kegiatan dapat terarahkan sesuai dengan maksud tujuan.

Controlling meliputi :

  • Monitorong
  • Evaluasi
  • Supervisi

Manfaat Manajemen

  • Membantu kita dalam membuat strategi yang lebih baik dengan menggunakan pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis.
  • Merupakan suatu proses bukan keputusan atau dokumen. Tujuan utama dari proses Ialah mencapai pengertian dan komitmen dari apa yang kita rencanakan.
  • Proses yang kita jalankan menyediakan pemberdayaan individual. Pemberdayaan Ialah  tindakan memperkuat pengertian diri sendiri mengenai efektivitas dengan mendorong dan menghargai usaha kita untuk berpartisipasi.  dalam pengambilan keputusan dan juga latihan inisiatif serta imajinasi.
  • Meningkatkan kesadaran kita akan terjadinya ancaman eksternal sehingga kita dapat terbiasa mempersiapkan rencana lain atas kejadian yang tidak diinginkan dari faktorr luar.
  • Kita dapat memahami dengan  lebih baik mengenai strategi pesaing sehingga kita akan lebih mudah menghadapinya.
  • Berkurangnya penolakan kita terhadap perubahan sebab kita telah mempersiapkan rencana atas perubahan tersebut.
  • Memungkinkan kita untuk identifikasi, penentuan prioritas, dan juga eksploitasi peluang yang terbaik atas permasalahan dan pilihan keputusan.
  • Kita dapat merepresentasikan kerangka kerja untuk aktivitas kontrol pada kehidupan sehari-hari dengan lebih baik yang dapat mengatur rencana kegiatan kita.
  • Memungkinkan alokasi sumber daya dan waktu yang lebih sedikit  bagi kita untuk mengoreksi keputusan yang salah atau tidak terencana.
  • Membuat kerangka kerja komunikasi internal dengan orang lain.
  • Membantu mengintegrasikan perilaku individu kedalam kelompok atau golongan.
  • Mendorong pemikiran kemasa depan,  karna dengan mempelajari manajemen kita telah belajar menganalisa rencana.
  • Menjadikan kita kooperatif, terintegrasi, dan juga antusias untuk menghadapi masalah dan peluang.
  • Mendorong terciptanya sikap positif yang  akan perubahan dalam diri kita
  • Memberikan tingkat kedisiplinan dan formalitas kepada manajemen dalam kegiatan kita.

Tujuan  mempelajari Manajemen 

  • Menjalankan dan mengevaluasi strategi yang kita pilih secara efektif dan efisien
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan juga mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
  • Senantiasa memperbaharui strategi yang kita rumuskan supaya sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman peluang yang ada

Demikian Artikel dari cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Manajemen BIsnis : Rencana, Komponen, Konsep, Fungsi, Manfaat dan Tujuannya, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan. Terima kasih

Baca Juga :

Perbankan : Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contohnya
Produk Bank Syariah : Manfaat Menggunakan Produk
Dasar Perbankan : Jenis dan Fungsinya
Sejarah Ekonomi, Perkembangan Ekonomi Islam
Etika Bisnis Syariah dan Penjelasannya
Ruang Lingkup Syariah, Pengertian dan Cirinya
Syariah, Prinsip, Rukun Jual Beli dan Manfaatnya
Manajemen Bisnis Syariah, Konsep, Ajaran Islam dan Landasan Pokok
Bank : Sejarah Sistem Perbankan, Bunga Bank Sebagai Riba
Perusahaan Manufaktur, Laporan, Laba Rugi, Neraca
Analisa adalah : Karakteristik dan Pengaruh
Biaya Bahan Baku Adalah : Pengendalian, Metode
Manajemen Bisnis : Konsep, Fungsi
Pengertian Bahan Baku : Perolehan, Penyimpanan
Aset Tetap Adalah, Cara, Konsep, Jenis , Karakteristik dan Contoh
Kombinasi Bisnis : Tujuan, Metode dan Alasan
Pengertian Agen : Sistem, Perbedaan, Laporan dan Hubungannya