Macam Kebutuhan : Sifat, Perbedaan, dan Contohnya

2 min read

Pengertian Kebutuhan : Sifat, Perbedaan, Macam dan Contohnya
Pengertian Kebutuhan Sifat, Perbedaan, Macam dan Contohnya

Macam Kebutuhan : Sifat, Perbedaan, dan Contohnya

kebutuhan Adalah hal dasar dalam memenuhi keberlangsungan hidup dan harus segera terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan yang akan dilakukan makhluk hidup

khususnya manusia menjadi faktor dasar dalam melakukan bisnisnya. Pada dunia ekonomi, terdapat tingkatan terhadap pemenuhan akan kebutuhan barang dan jasa. Tingkatan tersebut merupakan keinginan dan kebutuhan.

Keinginan merupakan segala kebutuhan lebih terhadap barang dan jasa yang ingin dipenuhi setiap manusia pada sesuatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak bersifat

mengikat dan juga tidak memiliki keharusan untuk segera terpenuhi. Keinginan lebih bersifat tambahan dan ketika kebutuhan pokok telah terpenuhi.

Kebutuhan adalah semua barang ataupun jasa yang dibutuhkan manusia demi menunjang segala aktivitas pada kehidupan sehari-sehari manusia tersebut. Kebutuhan tersebut tidak akan lepas dari kehidupan sehari – sehari.

a) Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Terbagi menjadi 2 diantaranya jasmani dan rohani. Jasmani sendiri adalah kebutuhan dalam menjaga kesehatan fisik seperti olahraga dan istirahat. Kebutuhan rohani dapat melingkupi keperluan dalam pemenuhan jiwa seperti beribadah, mendapatkan hiburan dengan rekreasi.

b) Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Seperti namanya, waktu menunjukkan masa dengan meliputi kebutuhan saat ini, masa depan, dan waktu yang tidak terduga sebelumnya. Kebutuhan saat ini ialah suatu hal yang

tidak bisa ditunda contohnya dalam kesehatan untuk menjalani operasi. Kemudian masa mendatang ketika mempersiapkan kelahiran seorang bayi. Dalam kebutuhan tidak terduga yang datang secara tiba-tiba seperti pengobatan setelah terjadi kecelakaan.

c) Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Dilatar belakangi pada subjek ialah pelaku, maka terdapat 2 poin penting yang masuk dalam kebutuhan berdasarkan subjek yaitu individu dan kelompok. Kebutuhan individu jelas

yang akan diperuntukan bagi perseorangan, misalnya seorang direktur membutuhkan seorang sekretaris dalam perkerjaannya. Terakhir dalam kebutuhan kelompok cenderung mengarah pada kepentingan masyarakat yaitu pasar, angkutan umum , rumah sakit, , dan juga lain sebagainya.

Perbedaan kebutuhan dan keinginan

a) Penjelasan perbedaan kebutuhan dan keinginan

Perbedaan kebutuhan dan juga keinginan dalam dunia ekonomi maupun bisnis juga memiliki peran yang sangat penting. Misalnya, seorang pengusaha yang ingin memperluas bisnisnya.

Jika di lihat dari segi keinginan, hal ini tentunya bersifat sangat positif bagi kemajuan bisnis maupun kesejahteraan karyawan.

Tetapi keinginan positif ini dapat didukung oleh pemenuhan kebutuhan yang harus terpenuhi sebelumnya, misalnya efektifitas kinerja. Tambahan karyawan maupun peningkatan mutu produksi.

Untuk efektifitas kinerja misalnya, jika sebuah bisnis memiliki bagian keuangan, maka untuk memenuhi keinginan memperluas bisnis, perusahaan tersebut butuh laporan keuangan yang lengkap,

cepat dan akurat setiap waktu karena keuangan adalah bagian terpenting dari sebuah bisnis. Hal yang dapat menujang , maka perusahaan tidak lagi hanya membutuhkan pencatatan secara manual,

tapi sudah membutuhkan sistem keuangan online yang bisa diakses kapan pun dan juga di mana pun.

Pada Sistem keuangan atau juga akuntansi online seperti Jurnal ini. Sudah harus dimiliki apabila Anda ingin mengembangkan bisnis dan menjawab tantangan kemajuan keuangan di era digital.

Dengan memiliki software akuntansi online Jurnal, Anda tidak hanya menyelesaikan masalah pencatatan keuangan semata, tetapi juga memiliki akses ke beberapa sistem pembayaran, pengeluaran tagihan dan pelaporan stok barang yang masih tersisa secara otomatis.

Macam Kebutuhan

a) Jenis kebutuhan hidup manusia, dilihat dari bentuknya terdiri dari 3 macam, adalah :

1

Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

2

Kebutuhan Berdasarkan Bentuknya

3.

Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya

4

Kebutuhan Berdasarkan Subjeknya

5

Contoh Kebutuhan Hidup Manusia

Akan menjelasankan mengenai macam-macam kebutuhan serta contohnya : Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Kebutuhan primer adalah suatu kebutuhan yang harus di penuhi. Kebutuhan ini tidak sekedar pada keinginan saja, akan tetapi berdasarkan pada keharusan serta kewajiban dalam memenuhinya. Contoh kebutuhan primer dalam hidup manusia contohnya saja kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Kebutuhan sekunder, dapat didefinisikan kebutuhan sekunder merupakan jenis kebutuhan hidup manusia yang diperlukan apabila kebutuhan primer terpenuhi, kebutuhan ini identik dengan

alat keperluan dalam penunjang kebutuhan primer, contohnya adalah pembeliaan alat rumah tangga, pembelian kursi, atau memakali serta membeli alas tidur.

Kebutuhan tertsier merupakan jenis kebutuhan mewah yang dapat dilakukan seseorang jikalau kebutuhan

primer serta skunder telah dipenuhinya. Contoh yang masuk dalam kebutuhan ini misalnya saja pembeliaan mobil mewah seperti mobil mercedez, pajero sport, ataupun pembelian mobil lamborgini.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Kebutuhan : Sifat, Perbedaan, Macam dan Contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Sistem Adalah
Opini Audit Adalah
Sistem Adalah
Profesi Akuntansi
Perusahaan Adalah
Jurnal Umum dan Khusus
Bank Adalah
Siklus Akuntansi
Analisis Data Adalah
Pengertian Akuntansi
Dasar Akuntansi
Asumsi Adalah
Konsep Manajemen
Akuntansi Dasar
Analisa Bukti Transaksi Keuangan
Pengertian Akuntansi