Likuidasi : Pengertian dan Jenisnya

2 min read

Likuidasi Adalah
Likuidasi : Pengertian dan Jenisnya

Likuidasi : Pengertian dan Jenisnya

Likuidasi Ialah pembubaran perusahaan dengan penjualan harta perusahaan, penagihan piutang, dan perlunasan utang serta penjelasan sisa harta atau utang antara para pemilik

 

Jenis Jenis Likuiditas

a) Current Ratio

Rasio ini dapat menilai kecukupan aktiva lancar perusahaan untuk melunasi kewajiban jangka pendek atau utang lancarnya yang dipakai. Pada perhitungan akuntansi sesuai jenis jenis laporan keuangan.

Pada perbandingan aktiva lancar dengan utang lancar bernilai tinggi maka kemampuan perusahaan juga tinggi untuk melunasi utang lancarnya. Jika pada rasio lancar (current rasio) akan menunjukkan perbandingan 1:1 atau 100% yang berarti aktiva lancar bisa melunasi kewajiban jangka pendek.

Kondisi perusahaan tergolong akan dapat lebih aman jika pada rasio lancar di atas satu atau lebih dari 100%. Perusahaan tersebut sudah akan mampu membayar utang lancarnya tanpa mengganggu kegiatan operasional perusahaan.

Current ratio sebesar 200% dinilai sebagai current ratio yang dapat memuaskan untuk perusahaan industri atau perusahaan komersil besar. Pada perusahaan penghasil jasa seperti perusahaan listrik dan hotel rasio sebesar 100% sudah mencukupi. Untuk itu pada pemahaman terhadap kerangka konseptual akuntansi keuangan sangat diperlukan.

Tingginya rasio lancar berarti jumlah pada uang kas sangat banyak (berlebih) sehingga kegiatan operasional akan berjalan lancar. Namun rendahnya pada rasio likuiditas berarti aktiva lancar (persediaannya) berlebihan. Tingginya tingkat rasio harus dikhawatirkan, hal itu terjadi mungkin akibat adanya aktiva tidak digunakan secara efektif oleh perusahaan.

Pada tingkat rasio rendah menunjukkan bahwa aktiva telah digunakan secara efektif, namun berbahaya bagi keberlangsungan kegiatan operasional. Saldo kas harus dibuat sesuai pada tingginya tingkat perputaran piutang dan juga persediaan supaya sumber daya tidak dipakai secara sia-sia. Rumus Current Ratio yaitu:

 

Rasio Lancar = Aktiva Lancar (Current Ratio) atau Utang Lancar (Current Liabilities) x 100%

Keterangan: kas Ialah segala bentuk alat pembayaran yang bisa dipakai segera untuk transaksi seperti uang logam, uang kertas dan saldo rekening giro atau tabungan di bank.

 

Setara kas Ialah bentuk dari investasi yang likuid, berjangka pendek dan juga bisa diubah menjadi kas (tunai) dalam waktu cepat tanpa risiko perubahan nilai yang signifikan.

Utang lancar Ialah utang perusahaan yang harus dilunasi sesuai jangka waktu yang disepakati atau dalam siklus operasional perusahaan.

 

b) Quick Ratio

Quick Ratio yang dipakai untuk dapat mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek dengan memakai aktiva lancar.Namun tanpa persediaan karena persediaan butuh waktu lama untuk diubah menjadi uang dibandingkan aset lainnya.

Quick asset meliputi piutang dan juga surat-surat berharga. Semakin besar nilai rasio maka akan kondisi perusahaan semakin baik. Namun jika rasio sebesar 1:1 atau 100% maka ini likuiditas perusahaan baik. jika terjadi suatu masalah likuiditas maka perusahaan akan mudah untuk mengubah aktiva menjadi uang untuk membayar kewajiban (utang). Berikut ini rumus Quick Ration.

Quick Ratio = Current Assets – Inventory atau Current Liabilities x 100%

c) Cash Ratio

Cash Ratio yang bisa digunakan untuk mengukur ketersediaan uang kas untuk melunasi kewajiban (utang) jangka pendek.

Uang kas bisa berbentuk rekening giro. Jika rasio sebesar 1:1 atau 100% berarti perbandingan kas atau setara kas dengan utang akan semakin baik sehingga perusahaan bisa melunasi utang sesuai jatuh tempo atau sebelum jatuh tempo.

READ Sistem Ekonomi : Pengertian ,Fungsi, Macam dan Ciri
Cash Ratio = Cash or Cash Equivalent atau Current Liabilities x 100%

 

d) Rasio Perputaran Kas (Cash Turnover Ratio)

Pada Rasio Perputaran Kas menampilkan perbandingan nilai penjualan bersih terhadap modal kerja bersih.

Pada Modal kerja bersih berupa semua komponen aktiva lancar dikurangi total utang lancar. Rasio ini juga dapat mengetahui seberapa besar penjualan untuk modal kerja yang dimiliki perusahaan. Rumus Rasio Perputaran Kas sebagai berikut.

Rasio Perputaran Kas = Penjualan Bersih atau Modal Kerja Bersih x 100%

 

e) Working Capital to Total Asset Ratio

Rasio ini dipakai untuk dapat menilai likuiditas dengan menghitung total aktiva dan posisi modal kerja. Hakikat akuntansi sangat berpengaruh pada rasio jenis ini. Rumus rasio ini sebagai berikut. Working Capital to Total Assets Ratio = Current Assets – Current Liabilities atau Total Assets x 100%

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Likuidas : Pengertian dan Jenisnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Leasing Adalah : Sewa Guna Usaha Atau Jenis, Bentuk dan Kesalahan
Persekutuan : Karakteristik, Macam dan Jenis
Liabilitas Adalah : Jenis dan Kesalahan
Pengertian Kas kecil : Tujuan, Metode dan ciri
Instrumen Keuangan : Majemuk dan Penyajiannya
Pengertian Akuntansi Keuangan : Dasar, Fungsi, Tujuan, tahapan
Likuidasi : Pengertian dan Jenisnya
Laporan perubahan modal : Contoh Laporan Perubahan Modal Serta penyelesaiannya
Laporan Laba Rugi : Contoh Laporan Laba Rugi dan Cara Penyelesaiannya
Keuangan : Prisip, Tujuan dan Contoh Laporan Keuangan
Pengertian Laporan Keuangan : Ruang Lingkup dan Jenisnya
Pengertian Rekening Koran : Kegunaan, Cara Mengajukan dan Syaratnya
Penjualan Angsuran : Tahapan, Metode, Macam dan masalahnya
Tujuan Kas Kecil : Metode dan Cirinya
Piutang Wesel : Jenis dan Cirinya
Rekonsiliasi bank : Faktor, Bentuk dan Komponennya
Pengertian Kas : Karakteristik dan Jenisnya
Pengertian Cek : Jenis dan Masa Berlaku
Saldo Kas Kecil Secara Fisik, Tujuan, Berita Acara Kas Kecil
Perbedaannya Dana Fluktuasi Pada Sistem Pencatatan Kas Kecil Dana Tetap
Kas Kecil Adalah, Rekonsilasi Bank, Laporan dan Metode Laporan
Pengertian Piutang, Klasifikasi dan Pencatatan
Laporan Keuangan : Aktivitas Koperasi dan Siklus
Pengertian Buku Besar : Macam, Manfaat dan contoh
Pengertian Neraca Saldo : Fungsi, Bentuk, Penyusunan, Contoh
Contoh Laporan Keuangan : Neraca Saldo

Leave a Reply

Your email address will not be published.