Komunikasi Adalah : Para Ahli, Macam dan Jenis

Posted on
Komunikasi-Adalah-Para-Ahli-Macam-dan-Jenis
Komunikasi Adalah : Para Ahli, Macam dan Jenis

Komunikasi Adalah : Para Ahli, Macam dan Jenis

komunikasi adalah suatu pandangan juga strategi yang membentuk alat dan rangka kerja pada suatu perkara yang hendak dilaksanakan dalam proses komunikasi teori akan mengarahkan bentuk dan kaidah dalam komunikasi yang akan dibuat.

Dengan lewat penulisan ini penjelasan tentang teori-teori komunikasi yang akan dibuat. Ada dua aspek utama yang dilihat secara langsung pada bidang ini sebagai suatu bidang pengkajian baru.

Aspek pertama adalah perkembangan dari beberapa kejadian atau sudut seperti perindustrian, teknologi komunikasi dan politik dunia.

Dalam bidang teknologi komunikasi seperti radio, telefon, televisi, satelit, rangkaian komputer sudah menghasilkan ide untuk melihat apakah kesan perkembangan teknologi komunikasi terhadap individu, serta masyarakat disebuah negara. Perkembangan

Pada politik dunia, memperlihatkan kesan politik kepada publik sehingga memperlihatkan propaganda dan juga pendapat umum.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti komunikasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini pengertian komunikasi yang pernah dijelaskan oleh beberap ahli:

1. Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, pengertian komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

2. James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner. Pengertian komunikasi ialah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya. Pengertian Komunikasi ialah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

4. Anderson

Menurut Anderson, pengertian Komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

5. Lexicographer

Menurut Lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua beluah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

6.Aristoteles

Menurut Aristoteles. Definisi komunikasi ialah usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

7. Hoben

Menurut Hoben. Definisi komunikasi ialah suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang diutarakan secara lisan.

8. Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, pengertian Komunikasi adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.

9. Murphy & Mendelson

Menurut Murphy & Mendelson. Pengertian komunikasi ialah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid. Definisi komunikasi ialah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.

11. Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, pengertian Komunikasi adalah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan dan saling mempengaruhi satu sama lain, baik sengaja atau tidak sengaja. Komunkikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, namun termasuk ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.

12. Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, pengertian Komunikasi adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respom dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.

13. William Albig

Menurut William Albig. Pengertian komunikasi ialah rangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang dilakukan oleh antar individu ataupun lebih.

14. William I. Gordon

Menurut William I. Gordon. Pengertian komunikasi ialah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.

15 Djenamar SH

Menurut Djenamar SH, pengertian komunikasi adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.

16. William F. Glueck

Menurut William F. Glueck. Definisi komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk, Ialah :

Komunikasi Antar Pribadi

Penjelasan Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal communications) Ialah proses saling bertukar informasi serta pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.

Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi pada Organisasi (Organization Communications) ialah proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis. Dan juga memindahkan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

Pengertian Ilmu Komunikasi

Sebagai dasarnya ilmu komunikasi ialah memiliki ciri yang sama dengan ilmu secara umum. Yang memberdakan ialah objek kajiannya, dimana perhatian yang telah fokuskan pada kejadian-kejadian komunikasi antar manusia.

Tentang hal itu Berger & Chafee (1987) menjelaskan bahwa Ilmu komunikasi ialah merupakan pengamatan terhadap produksi, proses dan juga pengaruh terhadap sistem tanda

dan lambang lewet pengembangan teori-teori yang bisa diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelasakan fenomena yang berkaitan terhadap produksi, pengaruh dan proses dari sistem tanda dan lambang.

Macam-Macam Komunikasi

Ada Beberapa Elemen dasar komunikasi menjadikan objek studi tentang teori komunikasi :

•Sumber: Shannon mengatakan unsur ini sebagai “sumber informasi”, yang “menghasilkan urutan pesan yang akan dikomunikasikan ke terminal penerima.”

•Pada Pengirim: Shannon menyebut unsur ini sebagai “pemancar/penyebar”, yang “beroperasi pada pesan dalam beberapa cara untuk menghasilkan sinyal yang cocok untuk meneruskannya melalui saluran tersebut.” Oleh Aristoteles, unsur ini disebut “speaker” (orator).

• Pada Channel: Bagi Shannon, saluran tersebut ialah “hanya media yang digunakan untuk mengirimkan sinyal dari pemancar ke penerima.”

• Pada Penerima: Untuk Shannon, penerima ialah “melakukan operasi kebalikan dari yang dilakukan oleh pemancar, dengan merekonstruksi pesan dari sinyal.”

• Tujuan: Untuk Shannon, tujuan ialah “orang (atau suatu hal) kepada siapa pesan ini ditujukan”.

• Pesan: dari bahasa Latin mittere, “untuk mengirim”. Pada Pesannya berupa sebuah konsep, informasi, komunikasi. Atau juga pernyataan yang dikirim dalam bentuk, ditulis, direkam, atau bentuk visual verbal kepada penerima.

• Tanggapan

• Elemen entropik, positif dan negatif

Jenis-jenis komunikasi

Komunikasi lisan

Komunikasi lisan secara langusng ialah komunikasi yang dilakukan dengan dua orang atau lebih yang saling bertatap muka dengan langsung serta tidak ada jarak ataupu alat yang membatasi. Lisan ini terjadi saat dua orang atau lebih saling berdialog/berbicara, saat wawancara, berpidato, rapat.

Komunikasi lisan tidak langsung ialah merupakan komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat . Misalnya, handphone, telepon, VoIP, dan lainnya sebab adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicaranya.

Komunikasi tulisan

Komunikasi tulisan ialah merupakan komunikasi yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa ada pembicaraan secara langsung dengan memakai bahasa yang singkat, padat. Dan juga jelas dimengerti oleh penerima. Pada Komunikasi tulisan bisa juga berupa surat-menyurat, surat elektronik, sms, dan lainnya.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Komunikasi : Para Ahli, Macam dan Jenis, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih

Baca juga :

Akuntansi Manajemen : Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Dokumen : Akumulasi Biaya dan Overhead
ISO Adalah : Tujuan, Manfaat, dan Jenis – Jenis ISO
Pengertian Efektivitas : Kriteria, Aspek, dan Contohnya
CRM Adalah : Fungsi dan Tujuan, Komponen, serta Tahapan CRM
Evaluasi Adalah : Tujuan, Fungsi, dan Tahapan Evaluasi
Manajemen Kinerja Adalah : Manfaat, dan Syarat-Syarat, Tujuannya
HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Manajemen SDM Adalah : Unsur, Faktor dan Tahapan
Etika Adalah : Pengertian dan Jenisnya
Metode Harga Pokok Pesanan : Syarat dan Kelebihannya
Target Costing Adalah : Tujuan, Kegunaan dan Tahapan
Pengertian PPBS : Planning Programing Budgeting System
Laporan Cash Flow : Elemen, Metode, Manfaat dan Contohnya
Kualitas Adalah : Indikator dan Manfaat
Analisa Resiko : Pengertian dan Probabilitasnya
Estimasi Biaya : Metode, Manfaat dan Contoh
Perkembangan Akuntansi
Pengertian Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya
Pengertian Supply Chain Management : Komponen, Tujuan dan Proses
Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya
Bank Adalah : Sumber Dana Bank
Laporan Keuangan Adalah : Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat
Perusahaan dagang Adalah : Ciri, Jenis dan Kegiatan
Break Even Point Adalah : Analisis, Faktor dan Rumus
Pasar Uang Adalah : Instrumen dan Jenis
Manajemen File Adalah : Arsitektur, Manfaat dan Fungsi
Grafik Adalah : Tujuan dan Fungsi
Manajemen Personalia Adalah : Tujuan, Fungsi dan Tugas
Manajemen Informatika Adalah : Ruang Lingkup

Leave a Reply

Your email address will not be published.