Komputer Akuntansi : Komponen, Kelebihan dan Kelemahan

Posted on
Komputer Akuntansi Komponen, Kelebihan dan Kelemahan
Komputer Akuntansi : Komponen, Kelebihan dan Kelemahan

Komputer akuntansi

Komputer akuntansi Adalah salah satu bidang teknologi informasi (TI) yang dapat didukung dengan kemampuan dan juga penguasaan dalam bidang akuntansi.

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Ialah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan juga prosedur untuk mengumpulkan

mengklarifikasikan. Mengoperasikan dan juga melaporkan informasi dalam sebuah bisnis. Lebih singkatnya SIA adalah sistem informasi yang menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.

Komputerisasi Akuntansi Yakni sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi. Untuk menjalankan aplikasi yang dapat digunakan

dalam mengolah transaksi akuntansi dan juga sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

komponen utama Sistem akuntansi
Ialah layaknya sebuah rumah memiliki komponen yang dapat membentuk struktur bangunan sehingga rumah bisa berdiri tegak dan berfungsi melindungi si pemilik rumah.

a) Blok Masukan (Input Block)

Masukan merupakan data yang masuk ke dalam sistem akuntansi beserta media dan juga metode yang digunakan untuk memasukkan data tersebut kedalam sistem. Masukan terdiri atas transaksi, permintaan , pernyataan, perintah dan pesan.

Pada umumnya untuk memasukkan data harus mengikuti aturan yang mengenai identifikasi, otorisasi, tata letak dan pengolahannya. Cara yang

dilakukan untuk memasukkan ke dalam sistem bisa berupa tulisan tangan formulir kertas, pengenalan fisik seperti sidik jari, papan ketik dan lainnya.

b) Blok Model (Model Block)

Blok Model terdiri dari logico-mathematical model yang mengolah masukan data yang disimpan dengan berbagai macam cara untuk dapat

memproduksi hasil yang dihendaki atau keluaran. Dan menjawab atas pertanyaan atau dapat meringkas atau menggabungkan dara menjadi laporan yang ringkas.

c) Blok Keluaran (Output Block)

Produk dari sistem informasi Adalah suatu output yang berupa informasi bermutu. dan juga dokumen dibutuhkan untuk semua tingkat manajemen dan semua pemakai informasi, baik pemakai informasi intern maupun ekstern.

Keluaran sistem akuntansi bisa berupa faktur, surat order pembelian, laporan pelaksanaan anggaran, pesan, perintah serta hasil pengambilan dan keputusan.

d) Blok Teknologi (Technology Block)

Teknologi merupakan alat penunjang sistem informasi akuntansi. Teknologi bisa menangkap menjalankan model,masukan, menyimpan dan juga mengakses data, menghasilkan data keluaran serta mengendalikan

seluruh sistem. Dalam sistem akuntansi berbasis computer, teknologi digolongkan menjadi tiga komponen: komponen : komputer penyimpanan data eksternal (auxiliary storage) telekomunikasi dan perangkat lunak (software).

e) Blok Basis Data (Data Base Block)

Blok ini ialah tempat menyimpan data yang digunakan untuk melayani kebutuhan pemakai informasi. Basis data dapat dibedakan menjadi dua: secara fisik dan secara logis. Pada basis data fisik adalah melalui media

menyimpan data seperti disket, pita magnetik kaset dan lainnya. Basis data logis adalah bagaimana struktur penyimpanan data sehingga menhamin ketepatan, ketelitian dan relevansi penyajian informasi untuk memenuhi kebutuhan pemakai.

f) Blok Pengendalian (Control Block)

Seluruh sistem informasi yang terkait harus mendapat perlindungan dari bencana, kecurangan, ancaman seperti kebakaran, penggelapan, ketidakefisienan, sabotase dan juga kemungkinan buruk lainnya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengendalikan sistem informasi antar lain adalah:

• Penggunaan sistem pengolahan catatan
• Penerapan pengendalian akuntansi
• Pengembangan rancangan induk sistem informasi

Akuntansi pun memiliki kelebihan seperti berikut:

Kelebihan

1

Data tersusun dengan rapi sehingga mudah diatur dan mudah dibaca.

2

 Data aman karena tersimpan dalam sebuah komputer dan dibackup di beberapa tempat yang telah dilengkapi dengan password sehingga hanya orang yang bersangkutan yang bisa membukanya

3

Laporan keuangan mudah dibuat karena data yang telah disusun secara simetris.• Untuk lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu memperkerjakan staff keuangan yang banyak.

4

Meminimalis human error yang biasa terjadi karena kelelahan dan capek. Dalam program ini sudah tersedia alat hitung yang memudahkan semua perhitungan.

Pembuatan rencana darurat
Penerapan prosedur pemilihan karyawan
Pembuatan dokumentasi lengkap tentang sistem.
Perlindungan bencana.

b) Berikut beberapa kekurangan yang dapat ditemukan dalam program akuntansi adalah:

• Memasukan data secara manual sehingga memakan waktu.
• Terjadinya human error yang dapat disebabkan kelelahan mata karena memandang layar komputer terlalu lama
• Memerlukan sumber energi listrik yang berarti adanya pengeluaran biaya tambahan.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Komputer Akuntansi : Komponen, Kelebihan dan Kelemahan, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca juga :

Pengertian Spreadsheet : Fungsi dan Macamnya
MYOB V13 : Belajar Dasar dan Mengenal
MYOB Adalah : Keunggulan dan Kekurangannya
Install MYOB v18
Pengertian Microsoft Excel : Rumus dan contoh Penyusunan laporan
Data Bisnis : Fungsi, Jenis dan Pengertiannya
Software Akuntansi : Manfaat, Jenis dan Softwarenya
Komputer Akuntansi : Komponen, Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan dan Kekurangan Myob : Accounting 17, Zahir Accounting, DEA

Leave a Reply

Your email address will not be published.