Kelebihan dan Kekurangan Myob : Accounting 17, Zahir Accounting, DEA

Posted on
Kelebihan dan Kekurangan Myob Accounting 17, Zahir Accounting, DEA (Dac Easy Accounting)
Kelebihan dan Kekurangan Myob : Accounting 17, Zahir Accounting, DEA

Kelebihan dan Kekurangan Myob : Accounting 17, Zahir Accounting, DEA (Dac Easy Accounting)

Kelebihan dan Kekurangan Myob

1. MYOB ACCOUNTING 17

MYOB (Mind Your Own Business) Accounting Adalah sudatu software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software). Yaitu pada proses

pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir. Yang terdapat pada command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat,

dan juga terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.

Yang terdapat pada command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan juga terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB

Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.

Software ini dirancang dan dibuat oleh MYOB Limited Australia dan juga sudah dipakai di berbagai Negara. Amerika, baik di Eropa, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:

 

Kelebihan

1

User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.

2

Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.

3

Pada Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.

4

Bisa diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.

5

Dapat diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan juga besar

6

Untuk menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.

7

Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.

B) Kekurangan :

• Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi

• Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi

• Kelemahan Multi Warehouse yang dapat mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.

• Belumk dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

• Database MYOB Adalah file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB adalah dapat menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.

2. ZAHIR Accounting

Zahir Accounting merupakan software akuntansi terbaik. Untuk mengetahui software zahir ini, maka tidak ada salahnya mengetahui kelemahan serta kelebihannya terlebih dahulu.

a) Kelebihan Zahir Accounting :

• Zahir Accounting ini sangat mudah digunakan oleh orang yang bukan akuntan. Hal ini dikarenakan software ini menyediakan formulir khusus yang dipergunakan untuk menginput semua transaksi yang ada.
• Tampilan dari software ini cukup menarik serta mudah dimengerti. Hal ini dikarenakan struktur menu serta tampilan icon berupa gambar sederhana yang biasa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.
• Faktur dalam software ini dapat didesain sendiri sesuai dengan keinginan perusahaan.

b) Kekurangan Zahir Accounting :

• Software ini tidak dapat digunakan untuk menghitung secara otomatis biaya perjam maupun biaya lain yang berhubugan dengan akuntansi biaya.
• Software ini tidak menyediakan fasilitas harga tetap, departemen maupun proyek.
• Dalam hal pendidikan software ini belum mendukung.
• Kurang cepat dalam menginput data.

3. DEA (Dac Easy Accounting)

DEA merupakan suatu software akuntansi yang memiliki berbagai modul yang terintegrasi guna mengolah data akuntansi sehingga menghasilkan laporan keuangan. Pada DacEasy Accounting pengolahan data akuntansi yang manual relatif tidak diperlukan lagi. Karena dapat ditangani dengan cepat dan tepat oleh DacEasy Accounting

a) Kelebihan dari DEA :

• Spesifikasi komputer membutuhkan perangkat yang sangat minim, bahkan bisa berjalan dalam komputer pentium I.
• Respon yang cepat
• Real time, maksudnya, ketika PLN mati, data yang sudah diinput akan tersimpan dalam database.

b) Kekurangan dari DEA :

• Pada DEA sangat bagus untuk estimasi efisiensi relatif UKE (Unit Kegiatan Ekonomi). Tetapi sangat lambat untuk mengukur efisiensi absolut dengan kata lain dapat membandingkan sesama UKE tetapi bukan membandingkan maksimisasi secara teori.
• Uji hipotesis secara statistik atas hasil DEA sulit dilakukan.
• Menggunakan perumusan linier programming terpisah untuk tiap UKE (perhitungan secara manual sulit dilakukan apalagi untuk masalah berskala besar).

• Bobot dan juga input yang dihasilkan oleh DEA tidak dapat ditafsirkan dalam nilai ekonomi.
• Tampilan menu kurang menarik, dibandingkan dengan software akuntansi lainnya, hanya terkesan simple dan sederhana

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Kelebihan dan Kekurangan : Myob Accounting 17, Zahir Accounting, DEA (Dac Easy Accounting), semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca juga :

Pengertian Spreadsheet : Fungsi dan Macamnya
MYOB V13 : Belajar Dasar dan Mengenal
MYOB Adalah : Keunggulan dan Kekurangannya
Install MYOB v18
Pengertian Microsoft Excel : Rumus dan contoh Penyusunan laporan
Data Bisnis : Fungsi, Jenis dan Pengertiannya
Software Akuntansi : Manfaat, Jenis dan Softwarenya
Komputer Akuntansi : Komponen, Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan dan Kekurangan Myob : Accounting 17, Zahir Accounting, DEA

Leave a Reply

Your email address will not be published.