Kegiatan Ekonomi : Tujuan, Jenis dan Contohnya

3 min read

Kegiatan Ekonomi
Kegiatan Ekonomi
Kegiatan Ekonomi : Tujuan, Jenis dan Contohnya

Kegiatan Ekonomi : Tujuan, Jenis dan Contohnya

Kegiatan Ekonomi Adalah segala kegiatan aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Definisi kegiatan ekonomi bisa juga diartikan sebagai upaya yang dilakukan manusia untuk mencapai suatu tingkatan kesejahteraan atau kemakmuran dalam hidup.

Secara umum, kegiatan ekonomi tersebut terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan juga konsumsi. Masing-masing kegiatan tersebut (produksi, distribusi, dan juga konsumsi) saling terkait dan tidak terpisahkan satu dengan lainnya.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Secara umum tujuan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi segala kebutuhan manusia di dalam hidupnya, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan juga tersier.

Pada upaya untuk memenuhi tujuan kegiatan ekonomi tersebut, manusia melakukan berbagai hal. Mulai dari memproduksi barang atau juga jasa, melakukan proses distribusi produk, hingga penggunaan (konsumsi) terhadap produk tersebut.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Pada kehidupan sehari-hari, manusia tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi. Mengacu dalam pengertian kegiatan ekonomi berikut ini adalah beberapa jenis kegiatan ekonomi secara umum:

a) Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi adalah suatu aktivitas atau pekerjaan yang bisa menghasilkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa. Dengan adanya kegiatan produksi maka diharapkan barang atau jasa yang dihasilkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Pelaku kegiatan produksi ini biasanya disebut juga dengan produsendimana tujuan dari kegiatan produksi ialah untuk memperoleh keuntungan dari barang atau jasa yang dihasilkan.

Contoh kegiatan produksi misalnya perusahaan pembuat roti yang dapat menghasilkan berbagai produk roti untuk memenuhi permintaan pasar.

Beberapa jenis barang yang akan dihasilkan dari kegiatan produksi adalah:

1

Barang mentah

2

Barang setengah jadi

3

Barang jadi

b) Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan suatu produk, baik itu barang atau juga jasa, dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebut tersebar luas ke masyarakat yang membutuhkan.

Tujuan dari kegiatan distribusi ini ialah untuk memastikan keberlangsungan kegiatan produksi dan juga memastikan produk diterima oleh konsumen dengan baik.

Pihak yang melaksanakan kegiatan distribusi biasanya disebut dengan distributor atau juga penyalur, dimana umumnya merupakan pedagang besar. Contoh kegiatan distribusi misalnya agen surat kabar ,distributor beras, agen penyalur bahan makanan mentah, dan lain-lain.

Adapun beberapa aktivitas dalah kegiatan distribusi adalah sebagai berikut:

-Pembelian dari produsen
-Pengangkutan barang
-Pengepakan (pengemasan)
-Penjualan ke pedagang pesar (grosir)
-Penyimpanan di gudang
-Standarisasi mutu barang
-Klasifikasi barang
-Promosi barang
-Penyaluran barang

c) Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah aktivitas penggunaan atau juga memakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen. Tujuan dari kegiatan konsumsi adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam hidupnya.

Pelaku kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen dimana semua aktivitasnya adalah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Beberapa

contoh kegiatan konsumsi misalnya membeli pakaian di toko, membeli makanan dan minuman di restoran, , membeli gadget, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa pelaku utama dalam kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

-Rumah tangga keluarga
-Pemerintah
-Industri atau perusahaan

Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia
Di Indonesia terdapat bebera jenis kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, untuk mengetahui informasi lebih detailnya maka simak uraian list yang terdapat di bawah ini.

a) Perdagangan

Ketahuilah salah satu contoh dari kegiatan ekonomi di Indonesia yang banyak dilakukan oleh masyarakat yaitu kegiatan berdagang.

Tentunya, sudah tidak asing lagi dengan istilah perdagangan atau juga yang lebih dikenal dengan.

Proses transaksi jual beli dengan mendapatkan jumlah keuntungan yang cukup besar.

Kini perdagangan sudah dijadikan sebagai salah satu bisnis yang sangat menguntungkan di Indonesia.

Bahkan, dari banyaknya jenis perdagangan yang ada di Indonesia membuat banyak inovasi produk pada proses jual beli yang menguntungkan setiap masyarakat yang melakukan transaksi.

Tentunya, pada proses kegiatan perdagangan ini memang sangat menguntungkan penjual ataupun pembelinya. Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari.

b) Perindustrian

Berikutnya, kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia ialah perindustrian yang memiliki ruang lingkup cukup luas dalam mengolah produk mentah menjadi produk jadi. Di Indonesia memang sudah cukup banyak jenis perusahaan industri yang sudah memenuhi segala kebutuhan ekonomi di Indonesia.

c) Pertambangan

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui bahwa pada jenis kegiatan ekonomi di Indonesia juga ada yang berbentuk pertambangan. Kegiatan pertambangan ini adalah salah satu cara mengambil kekayaan yang memiliki nilai guna sangat tinggi. Di Indonesia terdapat banyak jenis pertambangan seperti emas, batu bara, dan juga perminyakan.

Orang yang akan bekerja di pertambangan pastinya memiliki gaji sangatlah besar. Kegiatan pertambangan ini tentunya juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia.

d) Jasa

Layanan jasa juga adalah salah satu jenis kegiatan ekonomi yang dapat memberikan pelayanan kepada setiap orang baik dalam bidang jasa darat, perairan, ataupun udara. Sekarang ini sudah banyak sekali bisnis dalam bidang jasa yang sudah mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat Indonesia.

Contohnya, jasa transportasi, jasa penerbangan, dan masih banyak lagi jenis jasa yang lainnya yang dibutuhkan oleh setiap manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

f) Pertanian

Pertanian Adalah salah satu jenis kegiatan ekonomi yang paling familiar di Indonesia. Hal tersebut tentunya disebabkan karena negara Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan perhatian sangat luas. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan

g) Perkebunan

Perkebunan juga dapat menjadi contoh kegiatan ekonomi yang cukup banyak dijumpai di berbagai daerah.

Di negara Indonesia tidak hanya memiliki lahan pertanian yang luas akan tetapi juga memiliki lahan perkebunan yang sangat luas dari berbagai jenis tanaman palawija yang ada di Indonesia.

h) Peternakan

Peternakan juga merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar orang yang memperkembangbiakan hewan dengan keuntungan cukup besar.

Ketahuilah bahwa usaha berternak dari beberapa hewan ternak memang memberikan penghasilan yang cukup besar dengan jumlah keuntungan yang besar.

Apabila Anda dapat mampu mengembangkan usaha peternakan dengan baik maka akan sangat mampu menghasilkan uang yang cukup banyak. Dengan demikian maka sebaiknya jalankan usaha peternakan dengan sungguh-sungguh supaya hasilnya juga sangat maksimal.

i) Perikanan

Perikanan adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan mebudidayakan ikan air laut maupun ikan tawar.

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang akan memberikan penghasilan sangat banyak dari berbagai jenis ikan tawar ataupun ikan lautnya. Sekarang ini perikanan memang sudah memberikan jumlah keuntungan yang cukup besar.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Kegiatan Ekonomi : Tujuan, Jenis dan Contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Aset Tetap
Inkaso Adalah
Sistem Informasi Akuntansi Biaya, Daftar Akun, Pemrosesan, Sensitivitas dan Ukurannya
Produk : Perhitungan Biaya Untuk Produk Sampingan dan Produk Gabungan
Neraca Saldo Adalah
Pengertian Uang
Analisa Adalah
Biaya Bahan Baku
Manajemen Bisnis
Aliran Biaya Dalam Perusahaan Manufaktur, Pelaporan Operasi, Laba Rugi, Neraca dan Laporan Arus Kas
Akutansi Biaya Untuk Overhead Pabrik, Aktual dan Estimasi Biaya Dialosikan
Biaya Tenaga Kerja
Biaya Produksi
Biaya Overhead Pabrik
Inkaso Adalah
Dokumen Adalah
Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan (Job Order Costing)
Biaya Mutu (The Cost Of Quality) dan Akuntansi Untuk Kehilangan Dalam Proses Produksi
Analisis Perilaku Biaya Dalam Operasional Entitas
Harga Pokok
Bahan Baku

Leave a Reply

Your email address will not be published.