Jurnal Umum : Pengertian dan Buku Harian

Posted on
Jurnal Umum Pengertian dan Buku Harian

Jurnal Umum : Pengertian dan Buku Harian

Kata jurnal ini pada umum berasal dari bahasa Perancis ialah (Jour) yang berarti hari. Jurnal umum merupakan suatu buku harian maupun juga formulis khusus yang digunakan untuk dapat mencatat semua aktivitas transaksi secara kronologis dan juga sesuai urutan tanggal.

Dengan mencantumkan nama transaksi, kelompok akun,atau juga nominal di kolom kredit maupun juga debit. Pemakaian jenis buku jurnal ini dapat disesuaikan berdasarkan suatu kebutuhan setiap perusahaan.

Sehingga jangan heran ketika perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya akan melakukan pembukuan jurnal yang berbeda-beda.

Dasar pemilihan pada buku jurnal ini akan dapat mempertimbangkan faktor efisiensi dan juga akan efektivitas perusahaan.

Tujuan jurnal umum

Lantas apa sih tujuan jurnal umum? diantara tujuannya yakni untuk dapat melakukan suatu identifikasi,

penilaian, atau juga pencatatan dampak ekonomi dari satu transaksi atau jga berbagai transaksi dalam perusahaan.

Pencatatan ini juga mempunyai tujuan untuk dapat memudahkan proses pemindahan dampak transaksi yang akan terjadi ke dalam sebuah akun sesuai transaksi.

Fungsi Jurnal Umum

a) Fungsi Historis

Setiap transaksi ini akan dilakukan secara kronologis, berurutan sesuai dengan tanggal dimana terjadinya transaksi tersebut.

Jurnal ini akan menggambarkan suatu kegiatan perusahaan secara berurutan atau juga akan terus menerus pada setiap harinya.

b) Fungsi Mencatat

Jurnal umum ini harus mencatat setiap transaksi yang akan terjadi dalam perusahaan, jangan sampai ada yang tidak akan tercatat. Tiap perubahan modal, biaya, kekayaan,

dan pendapatan mesti ini akan dicatat terlebih dahulu ke dalam jurnal umum, supaya pembuatan keuangan dimana perusahaan bisa lengkap.

c) Fungsi Analisis

Menunjukkan ini bahwa pencatatan jurnal ini ialah suatu hasil dari analisa yang berupa debit dan kredit akun yang terkait beserta jumlah atau juga nominalnya. Analisis ini akan menyangkut pembagian nama akun, pencatatan dalam debit maupun kredit beserta jumlahnya.

d) Fungsi Instruktif

Apa maksudnya fungsi instruktif? Jurnal umum ini mempunyai fungsi memberikan perintah ataupun petunjuk pada proses memasukkan data ke buku besar.

Perintah untuk debit dan kredit akun yang akan terkait sesuai catatan di jurnal. Pencatatan di jurnal umum ini tidak sebatas dokumen transaksi dalam perusahaan tetapi juga bersifat instruksi.

e) Fungsi Informatif

Jurnal umum ini akan memberikan suatu informasi terkait dengan transaksi yang terjadi untuk secepatnya akan dilakukan pencatatan berdasarkan keterangan yang ada.

Pengertian Buku Harian

Buku harian merupakan sebuah catatan pribadi yang akan berisi kegiatan sehari-hari. Buku harian ini akan bisa berisi kegitan apa saja.yang Misalnya,

kejadian maupun juga peristiwa yang akan dialami penulis setiap hari, pikiran atau permasalahan yang sedang akan dihadapi penulis setiap hari, dan apa saja yang akan ingin dituliskan ke dalam suatu media.

Macam-macam Buku Harian

a) berikut merupakan macam – macam Buku harian

1 Buku harian yang ini akan ditulis di buku maupun juga kertas.
2 Buku harian yang ini akan ditulis di perangkat elektronik seperti komputer, misal, microsoft office word, notepad, atau yang lain sebagainya
3 Buku harian yang ditulis di blog atau website.
4 Dan juga mungkin ada lagi media lain untuk buku harian.
5 Manfaat Buku Harian

Manfaat Buku Harian :

1 Untuk mendokumentasikan peristiwa maupun juga kegiatan sehari-hari baik sebagai kenang-kenangan.
2 Untuk mencurahkan isi hati, obat stress, meluapkan emosi, menyampaikan keluh kesah, atau mengekspresikan fikiran ke dalam tulisan.
3 Untuk berkreasi.contohnya, untuk dapat menyimpan suatu karya cerita hasil kreasi fikiran kita agar tidak ingin hilang ataupun lupa.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Jurnal Umum dan Buku Harian, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Aset Tetap
Inkaso Adalah
Sistem Informasi Akuntansi Biaya, Daftar Akun, Pemrosesan, Sensitivitas dan Ukurannya
Produk : Perhitungan Biaya Untuk Produk Sampingan dan Produk Gabungan
Neraca Saldo Adalah
Pengertian Uang
Analisa Adalah
Biaya Bahan Baku
Manajemen Bisnis
Aliran Biaya Dalam Perusahaan Manufaktur, Pelaporan Operasi, Laba Rugi, Neraca dan Laporan Arus Kas
Akutansi Biaya Untuk Overhead Pabrik, Aktual dan Estimasi Biaya Dialosikan
Biaya Tenaga Kerja
Biaya Produksi
Biaya Overhead Pabrik
Inkaso Adalah
Dokumen Adalah
Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan (Job Order Costing)
Biaya Mutu (The Cost Of Quality) dan Akuntansi Untuk Kehilangan Dalam Proses Produksi
Analisis Perilaku Biaya Dalam Operasional Entitas
Harga Pokok
Bahan Baku

Leave a Reply

Your email address will not be published.