HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya

Posted on
HRD Adalah Fungsi dan Tugasnya
HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya

HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya

 

HRD adalah suatu bagian dari perusahaan yang bertanggungjawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan tersebut, mulai dari perencanaan SDM, rekrutmen, pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji/ kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja.

Pendapat lain mengatakan pengertian HRD adalah suatu rangkaian kegiatan di dalam organisasi yang dilakukan secara terorganisir dan dalam waktu tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kerja dan kemampuan karyawan.

Dengan kata lain, HRD adalah unit perusahaan yang menangani setiap hal yang berada dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer, dan pekerja lainnya untuk menunjang kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu.

Fungsi HRD Secara Umum

Mengacu dalam arti HRD yang dijelaskan sebelumnya. Pada dasarnya unit ini mempunyai fungsi menangani semuanya yang berhubungan dengan sumber daya manusia di suatu perusahaan. Dalam pelaksanaannya, fungsi HRD ialah dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu fungsi internal dan fungsi eksternal.

Fungsi Internal

Secara umum, fungsi internal Human Resource Department adalah untuk melakukan perencanaan SDM, perekrutan, orientasi, pengembangan SDM, manajemen kinerja, penentuan gaji/ kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja.

Selain itu, dari pihak HRD juga bertanggungjawab dalam pengadaan kegiatan pelatihan terhadap sumber daya manusia agar dapat bekerja sesuai dengan harapan perusahaan.

Fungsi Eksternal

Fungsi eksternal Human Resource Department ialah menyediakan konseling di luar perusahaan kepada tenaga kerja. Namun, dalam pelaksanaannya tentu saja harus memperhatikan tingkat kemampuan dan kemauan dari pihak yang akan mengikuti konseling tersebut.
Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Tugas dan juga tanggung jawab unit HRD di sebuah perusahaan tergantung pada ukuran perusahaan, jumlah SDM, dan hal-hal lain yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Sesuai dengan pengertian HRD yang telah dijelaskan di atas, adapun beberapa tugas dan tanggung jawab HRD adalah sebagai berikut:

Persiapan dan Seleksi

Persiapan SDM (Preparation) pada melakukan persiapan, pihak HRD harus memperhatikan faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal ini, faktor internal dalam persiapan mencakup kebutuhuhan jumlah SDM, struktur organisasi, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal dalam persiapan mencakup hukum ketenagakerjaan, kondisi pangsa tenaga kerja, dan lain-lain.

Rekrutmen SDM (Recruitment); ini adalah proses mencari calon karyawan untuk mengisi kebutuhkan SDM di suatu perusahaan. Pada proses rekrutmen, HRD harus melakukan analisis jabatan dan menjelaskan deskripsi pekerjaan, serta spesifikasi pekerjaan tersebut.

Seleksi SDM (Selection); ini adalah proses seleksi karyawan yang telah melamar ke perusahaan untuk menemukan pegawai yang paling tepat. Pada proses ini, pihak HRD memperhatikan Curriculum Vitae (CV), melakukan interview awal dan psikotest, wawancara kerja, dan proses lainnya.

Pengembangan dan Evaluasi

Pengembangan dan Evaluasi Karyawan (Development and Evaluation) sangat penting untuk dilakukan agar setiap tenaga kerja bisa memberikan kontribusi maksimal terhadap perusahaan. Pada proses ini pegawai diberikan pembekalan sehingga dapat lebih menguasai bidangnya dan meningkatkan kinerjanya.

Pemberian Kompensasi dan Proteksi
Kompensasi adalah pemberian gaji atau imbalan kepada seorang pegawai atas kontribusinya terhadap perusahaan. Pemberian kompensasi ini dilakukan secara teratur oleh perusahaan tempat pegawai bekerja, dan harus sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada di lingkungan eksternal agar tidak menimbulkan masalah ketenagakerjaan atau kerugian pada perusahaan.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih 

Baca juga :

Akuntansi Manajemen : Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Dokumen : Akumulasi Biaya dan Overhead
ISO Adalah : Tujuan, Manfaat, dan Jenis – Jenis ISO
Pengertian Efektivitas : Kriteria, Aspek, dan Contohnya
CRM Adalah : Fungsi dan Tujuan, Komponen, serta Tahapan CRM
Evaluasi Adalah : Tujuan, Fungsi, dan Tahapan Evaluasi
Manajemen Kinerja Adalah : Manfaat, dan Syarat-Syarat, Tujuannya
HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Manajemen SDM Adalah : Unsur, Faktor dan Tahapan
Etika Adalah : Pengertian dan Jenisnya
Metode Harga Pokok Pesanan : Syarat dan Kelebihannya
Target Costing Adalah : Tujuan, Kegunaan dan Tahapan
Pengertian PPBS : Planning Programing Budgeting System
Laporan Cash Flow : Elemen, Metode, Manfaat dan Contohnya
Kualitas Adalah : Indikator dan Manfaat
Analisa Resiko : Pengertian dan Probabilitasnya
Estimasi Biaya : Metode, Manfaat dan Contoh
Perkembangan Akuntansi
Pengertian Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya
Pengertian Supply Chain Management : Komponen, Tujuan dan Proses
Marketing Adalah : Fungsi dan Konsepnya
Bank Adalah : Sumber Dana Bank
Laporan Keuangan Adalah : Tujuan, Jenis , Unsur dan Manfaat
Perusahaan dagang Adalah : Ciri, Jenis dan Kegiatan
Break Even Point Adalah : Analisis, Faktor dan Rumus
Pasar Uang Adalah : Instrumen dan Jenis
Manajemen File Adalah : Arsitektur, Manfaat dan Fungsi
Grafik Adalah : Tujuan dan Fungsi
Manajemen Personalia Adalah : Tujuan, Fungsi dan Tugas
Manajemen Informatika Adalah : Ruang Lingkup

Leave a Reply

Your email address will not be published.