Barang dan Jasa : Macam, Ciri dan Jenis

Posted on
Pengerrtian Barang dan Jasa
Barang dan Jasa : Macam, Ciri dan Jenis

Barang dan Jasa : Macam, Ciri dan Jenis

Barang dan Jasa

Barang  adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat berwujud dilihat dan juga diraba.

Adapun juga mengenai jasa adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak berwujud atau dapat dikatakan abstrak. Keduanya, baik barang maupun jasa merupakan alat atau sarana dalam pemuas kebutuhan manusia.

 

Macam-Macam Barang

Alat atau juga sarana pemuas kebutuhan bisa dibedakan berdasarkan cara memperolehnya, kegunaan dalam hubungannya dengan barang lain ataupun dengan cara proses produksinya.

 

a) Cara Memperolehnya

Berdasrkan dari cara memperolehnya, sarana pemuas kebutuhan dibedakan menjadi barang bebas dan juga barang ekonomi.

Barang ekonomi adalah sarana pemuas kebutuhan untuk dapat memperolehnya dibutuhkan suatu pengorbanan sumber daya ekonomi. Misalnya pakaian,

makanan dan juga rumah. Barang ekonomi dapat dibedakan menjadi barang konsumsi dan barang produksi. Barang konsumsi adalah suatu barang secara langsung dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik yang memiliki ketahanan lama misalnya pakaian,

perabot rumah tangga, dan juga kendaraan, maupun juga yang tidak tahan lama misalnya bahan bakar, makanan, dan juga obat-obatan.

Barang produksi Adapaun adalah barang yang secara tidak langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia karena harus menjalani beberapa proses produksi seperti bahan baku dan juga mesin.

Tapi perbedaan antara barang bebas dan barang ekonomi tidak kaku. Untuk usaha ini, udara, sinar matahari dan air juga telah dikonversi dari barang bebas menjadi kehidupan ekonomi berupa air bersih, udara bersih, dan energi matahari.

 

B) Kegunaan Barang Dalam Hubungannya Dengan Barang Lain

Berdasarkan kegunaan dalam kaitannya dengan barang lain, karena saranan pemuas kebutuhan dapat dibedakan menjadi barang pengganti dan barang komplementer.

Barang Subtitusi adalah barang yang memiliki kegunaan untuk mengganti barang lainnya. Seperti, bus bisa menggantikan transportasi kereta api, jagung bisa menggantikan nasi sebagai kebutuhan dasar masyarakat.

Barang komplementer Barang komplementer adalah barang yang memiliki khasiat dalam melengkapi barang lainnya. Barang semacam itu bisa berguna dalam memenuhi kebutuhan manusia, jika digunakan bersamaan. Misalnya bensin dengan kendaraan, dan tinta dengan pena.

Pengertian barang subtitusi dan barang komplementer. Tidak sama untuk setiap kebaikan atau setiap masyarakat. Misalnya, gula dan kopi tidak melengkapi populasi Inggris.

 

c) Proses Produksinya

Berdasarkan pada proses produksinya, barang ataupun saranan pemuas kebutuhan terbagi ke dalam barang mentah, barang setengah jadi, dan juga barang jadi.

Barang mentah adalah barang yang tidak mengalami suatu proses produksi (pengolahan), dan akan dijadikan sebagai bahan yang laku dalam proses produksi. Misalnya kapas, kayu gelondongan, dan juga beras.

Barang setengah jadi adalah barang yang telah mengalami proses produksi, namun tidak dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan manusia khususnya secara sempurna, misalnya kapas menjadi benang, kayu menjadi papan, dan beras menjadi tepung.

Barang Jadi. Barang jadi adalah barang yang pada saranan pemuas kebutuhan manusia telah mengalami proses produksi secara tuntas atau sempurna dan mampu untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan. Contohnya, kue, meja, pakaian dan juga kursi.

Namun, gagasan tentang barang mentah, rasa barang setengah jadi dan barang jadi, ditentukan oleh konsumen. Misalnya beras untuk rumah tangga sudah barang jadi,

tapi untuk usaha tepung beras masih barang jadi. Proses pengolahan barang jadi menjadi barang jadi yang disebut proses produksi dari hulu ke hilir atau proses produksi dapat memberikan nilai tambah.

Pengertian Jasa

Pengertian jasa merupakan suatu kegiatan ekonomi dengan hasil keluaran yang belum berwujud yang ditawarkan dari penyedia jasa ialah perusahaan kepada pengguna jasa atau konsumen

 

Ciri – Ciri Jasa

Menurut Tjiptono (2000:15-18) menjelaskan bahwa ciri-ciri pokok pada jasa sebagai berikut:

 

a) Intangibility 

Jasa berbeda dengan barang. Jasa bersifat intangible, artinya tidak mampu untuk dulihat, dirasa, diraba, dicium ataupun didengar sebelum dibeli. Konseum tersebut terdiri dua pengertian yakni Sesuatu tidak dapat disentuk dan juga dirasa.

Sesuatu tidalah mudah untuk didefinisikan, diformulasikan ataupun dipahami secara rohaniah.

 

b) Inseparability

merupakan Jasa tidak mengenal suatu persediaan ataupun juga penyimpanan dari produk yang sudah dihasilkan.

Karakteristik tersebut juga inseparabilit (tidak dapat dipisahkan) mengingat pada umumnya jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan.

Pada hubungannya penyedia jasa dan pelanggan tersebut efektivitas individu yang menyampaikan jasa merupakan suatu unsur penting.

 

c) Variability

Jasa memiliki sifat yang sangat variabel karena merupakan suatu nonstandardizet out-put, arinya memiliki banyak suatu variasi bentuk, kualitas dan jenis, bergantung pada siapa, kapan dan juga dimana jasa tersebut mampu untuk dihasilkan

 

d) Perishability

Jasa merupakan komoditas yang tidak tahan lama dan juga tidak dapat disimpan. Dengna demikian ketika suatu jasa tidak digunakan, maka jasa tersebut aka berlalu begitu saja.

 

Jenis-Jenis Jasa

Berdasarkan pengertian, dan karakteristik layanan, dapat ditentukan bahwa jenis layanan atau berbagai layanan adalah sebagai berikut:

1

Bisnis Rumah Tangga, jenis layanan ini mencakup banyak hal yang ada dalam rumah tangga. Misalnya: merawat kebun, memperbaiki rumah, menjual air minum, kelengkapan alat rumah tangga, sebagai pembersih rumah, dan sebagainya

2

Layanan peristirahatan, jenis layanan ini meliputi penyewaan kamar hotel (penginapan), apartemen, kost-kostan, dan sebagainya.

3

Layanan Hiburan atau Rekreasi, jenis layanan ketiga ini mencakup penyewaan peralatan yang terkait dengan hiburan, atau menyewa tempat untuk melakukan aktivitas hiburan.

4

Layanan Personal Care, jenis layanan keempat adalah perawatan kecantikan, pijat, salon, dan sebagainya.

5

Pelayanan kesehatan, jenis layanan ini termasuk layanan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, misalnya perawatan di rumah sakit, bidan, puskesmas, dan sebagainya.

6

Pelayanan kesehatan, jenis layanan ini termasuk layanan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, misalnya perawatan di rumah sakit, bidan, puskesmas, dan sebagainya.

7

Layanan Komunikasi, contoh layanan komunikasi seperti cybercafé, fax delivery shop, kantor pos, dan lain sebagainya.

8

Layanan transportasi, jenis layanan ini sering kita gunakan saat kita bepergian ke suatu tempat. misalnya transportasi darat, transportasi laut, angkutan udara, dan sebagainya.

9

Jasa Keuangan, jenis jasa keuangan yang digunakan adalah bank. misalnya leasing, pajak, bank peminjaman dan sebagainya.

10

Pendidikan, jenis layanan ini sangat penting bagi kelangsungan bangsa dan negara karena untuk mendidik anak bangsa. Contoh jenis layanan antara lian ini adalah tutor pribadi, guru les, guru ngaji, guru sekolah dan lain sebagainya.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Pengertian Barang dan Jasa : Macam, Ciri dan Jenis, Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Aset Tetap
Inkaso Adalah
Sistem Informasi Akuntansi Biaya, Daftar Akun, Pemrosesan, Sensitivitas dan Ukurannya
Produk : Perhitungan Biaya Untuk Produk Sampingan dan Produk Gabungan
Neraca Saldo Adalah
Pengertian Uang
Analisa Adalah
Biaya Bahan Baku
Manajemen Bisnis
Aliran Biaya Dalam Perusahaan Manufaktur, Pelaporan Operasi, Laba Rugi, Neraca dan Laporan Arus Kas
Akutansi Biaya Untuk Overhead Pabrik, Aktual dan Estimasi Biaya Dialosikan
Biaya Tenaga Kerja
Biaya Produksi
Biaya Overhead Pabrik
Inkaso Adalah
Dokumen Adalah
Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan (Job Order Costing)
Biaya Mutu (The Cost Of Quality) dan Akuntansi Untuk Kehilangan Dalam Proses Produksi
Analisis Perilaku Biaya Dalam Operasional Entitas
Harga Pokok
Bahan Baku

Leave a Reply

Your email address will not be published.