Akuntansi Pemerintahan Adalah : Tujuan, Karakteristik dan Contohnya

2 min read

Akuntansi Pemerintahan Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Syarat dan Contohnya
Akuntansi Pemerintahan Adalah

Akuntansi Pemerintahan Adalah 

Akuntansi Pemerintahan Adalah ialah aplikasi akuntansi dalam bidang keuangan Negara (public finance). khususnya dalam  tahap melaksanakan anggaran (budget excution). 

Yang  termasuk semua pengaruh yang akan ditimbulkannya, baik yang sifatnya permanen atau juga yang hanya seketika pada semua tingkatan dan unit pemerintahan. (*Akuntansi Pemerintahan Adalah)

Pengertian Akuntansi Pemerintahan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari akuntansi pemerintahan menurut ahlinya, ialah :

1. Abdul Halim (2002:143)

menurut Abdul Halim akuntansi pemerintahan ialah. sebuah kegiatan jasa pada rangka menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan. Pada  entitas pemerintah sebagai pengambilan keputusan ekonomi yang nalar dari pihak-pihak yang berkepentingan atas berbagai alternatif arah suatu tindakan. (*Akuntansi Pemerintahan Adalah)

2. Bachtiar Arif dkk (2002:3)

akuntansi pemerintahan menurut Bachtiar Arif dkk ialah sebagai aktivitas pemberian jasa untuk menyediakan suatu informasi keuangan pemerintah. Yang  berdasarkan proses pencatatan, pengklasifikasian, penafsiran atas informasi keuangan serta pengikhtisaran suatu transaksi keuangan pemerintah tersebut.

3. Revrisond Baswir (2000:7)

menurut Revrisond Baswir  akuntansi pemerintahan ialah akuntansi (pemerintahan termasuk akuntasi untuk lembaga non-profit pada umumnya). Merupakan  bidan akuntansi yang berkaitan antara lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga yang bertujuan untuk tidak mencari laba. Walaupun suatu lembaga pemerintah senantiasa berukuran besar. Tetapi  sebagaimana pada perusahaan hal tersebut tergolong ke dalam lembaga mikro. (*Akuntansi Pemerintahan Adalah)

Tujuan Akuntansi Pemerintahan

Adapun tujuan dari akuntansi pemerintahan yaitu:

Menurut Bachtiar Arif, dan juga Iskandar, tujuan dari akuntansi pemerintahan dan akuntansi bisnis pada umumnya sama yaitu:

Akuntabilitas

Pada pemerintahan, keuangan Negara yang diatur harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan amanat konstitusi. Pelaksanaan fungsi tersebut dalam Negara Indonesia telah diatur dalam UUD 1945 pasal 23 ayat (5).

Manajerial

Akuntansi pemerintahan merupakan sangat mungkin pemerintah untuk melaksanakan suatu perencanaan dalam bentuk susunan APBN.

Dan juga  strategi pembangunan lain, sebagaimana melaksanakan aktivitas pembangunan dan juga mengendalikan atas akitivitas tersebut dalam rangka mencapai ketaatan kepada peraturan perundang-undangan, efektivitas, efisiensi dan ekonomis. (*Akuntansi Pemerintahan Adalah)

Pengawasan

Pada Pemeriksaan keuangan di Indonesia terdiri atas pemeriksaan ketaatan.  pemeriksaan keuangan pada  umum nya dan juga  pemeriksaan operasional atau manajerial.

Karakteristik Akuntansi Pemerintahan

Pada Akuntansi pemerintahan memiliki karakteristik khusus jika dibandingkan dengan akuntansi bisnis. Menurut dari  tujuan pemerintah tersebut, Bachtiar Arif, Iskandar (2002:7) mengemukakan beberapak karakteristik akuntansi pemerintahan yakni diantaranya berikut ini, Ialah :

  • Pemerintah bertugas mencacat anggaran pada saat anggaran tersebut dibukukan.
  • Pemerintah tidak boleh berorientasi pada keuntungan. sehingga dalam akuntansi pemerintah tidak ada laporan laba (income statement) dan juga treatment akuntasi yang berhubungan dengannya.
  • Pada akuntansi pemerintahan sangat mungking menggunakan lebih dari satu jenis dana.
  • Akuntansi pemerintahan sifatnya kaku. Sebab sangat tergantung dengan peraturan perundang-undangan.
  • Akuntansi pemerintahan dapat membukukan pengeluaran modal
  • Akuntansi pemerintahan tidak membutuhkan perkiraan modal . dan juga laba yang ditahan dalam neraca.
Syarat Pemerintahan

Ada pun ada beberapa syarat yang harus ada. Dan juga  terpenuhi oleh pemerintahan sesuai dengan karakteristik dan tujuan untuk memenuhi akuntabilitas keuangan negara yang memadai. (*Akuntansi Pemerintahan Adalah)

Pada  Perserikatan Bangsa-Bangsa atau juga disebut PBB mengeluarkan suatu pedoman untuk akuntasi pemerintahan ( A Manual Governmental Accounting).  yang bisa diringkas seperti dalam penjelasan dibawah ini (dalam Bachtiar Arif dkk, 2002:9)

 

Contoh akuntansi pemerintah

Demikian artikel cerdasakuntansi.com yang membahas tentang Akuntansi Pemerintahan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Syarat dan Contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga :

Menerapkan prinsip profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban Bank Adalah
Istilah Penting Akuntansi Biaya Siklus Akuntansi
Kopersai Pemasaran Aktivitas Analisis Data Adalah
Akuntansi Koperasi Pengertian Akuntansi
Dasar Akuntansi Dasar Akuntansi
Opini Audit Adalah Asumsi Adalah
Sistem Adalah Konsep Manajemen
Profesi Akuntansi Akuntansi Dasar
Jurnal Umum dan Khusus Analisa Bukti Transaksi Keuangan
Sistem Adalah Koperasi Produksi
Opini Audit Adalah Konsumen
Sistem Adalah Pengertian Kelangkaan
Profesi Akuntansi Produsen Adalah
Perusahaan Adalah Akuntansi Manajemen
Jurnal Umum dan Khusus Pendapatan Nasional
Bank Adalah Pelaku Ekonomi
Siklus Akuntansi Pasar Input
Analisis Data Adalah Pasar Barang
Logistik Evaluasi Adalah
Pengertian Statistik Manajemen Kinerja
Akuntansi Biaya HRD Adalah : Fungsi dan Tugasnya
Dokumen Adalah Pamflet adalah
ISO Adalah Manajemen SDM Adalah
Neraca Saldo Adalah Etika Adalah
Efektivitas Adalah Harga Pokok Pesanan
Audit Adalah Target Costing, Adalah
Inkaso Adalah Planning Programing Budgeting System (PPBS), Adalah
CRM Adalah Laporan Cash Flow