Pengertian Akuntansi Dasar

Posted on
Pengertian-Akuntansi-Dasar

Pengertian Akuntansi Dasar

Pengertian  Akuntansi Dasar Ialah merupakan suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah. Dan juga menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Sehingga bisa digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Pada persamaan dasar akuntansi ialah hubungan dari harta, hutang. Dan juga modal yang sudah di miliki oleh perusahaan. Persamaan dari dasar akuntansi akan di gunakan sebagai dasar dari pencatatan sistem akuntansi, jadi setiap transaksi akuntansi yang terjadi pada perusahaan harus di catat pada dua aspek. Transaksi yang dapat merubah aktiva akan di imbangi oleh perusahaan pada kewajibannya.

a. Persamaan Akuntansi
Pengertian adalah persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan dari dua sisi yaitu antara sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva), sehingga perubahan yang timbul karena adanya transaksi keuangan dan keseimbangannya akan selalu di pertahankan.

b. Persamaan Akuntansi
Hutang + Modal = Aktiva

Persamaan Dasar Akuntansi dan Elemen Dasar Posisi Keuangan

Setiap perusahaan pasti mempunyai posisi dan kondisi keuangan yang berbeda-beda, di dalam akuntansi sudah sangat umum dengan sebutan “Neraca”. Pada neraca bisa sering di tunjukkan dengan sebuah formula atau rumus yang sering di sebut dengan Persamaan Dasar Akuntansi. Pada rumus dasar ini ialah merupakan salah satu rumus yang memiliki hubungan yang saling berkaitan antara : Aset (Aktiva) dengan Kewajiban atau Hutang (Liability) dan Modal (Capital).

Penerapan

Penerapan Persamaan akuntansi adalah dasar untuk praktik pembukuan berpasangan. Penerapan pada bidang akuntansi dan ekonomi yang demikian itu beragam.

a) Laporan Keuangan
Laporan perusahaan triwulanan dan laporan tahunan pada dasarnya berasal langsung dari persamaan akuntansi yang digunakan dalam praktik pembukuan. Persamaan ini termasuk dalam bisnis ini, buku besar, akan memberikan bahan-bahan yang akhirnya membentuk dasar dari sebuah bisnis adalah laporan keuangan. Ini termasuk laporan pengeluaran, arus kas, bunga dan juga pinjaman pembayaran, gaji, dan perusahaan investasi.

b) Sistem Pembukuan Pencatatan Dua-kali
Persamaan akuntansi merupakan memainkan peran penting sebagai landasan sistem pembukuan pencatatan dua-kali. Sistem akuntansi ini memastikan bahwa rekening perusahaan selalu seimbang dan semua transaksi keuangan yang didokumentasikan secara rinci. Tujuan utama dalam sistem ini adalah untuk melacak debit dan kredit, dan memastikan bahwa jumlah ini selalu cocok untuk aset perusahaan, perhitungan dilakukan dengan persamaan akuntansi. Hal ini didasarkan pada setiap gagasan bahwa setiap transaksi mempunyai efek yang sama. Hal ini digunakan untuk mentransfer total pada buku perdana masuk ke nominal ledger. Setiap transaksi akan dicatat dua kali sehingga debit yang seimbang dengan kredit.

c) Pendapatan dan Laba Ditahan
Pendapatan dan laba ditahan dalam persamaan akuntansi ini juga merupakan komponen penting dalam komputasi, memahami, dan juga menganalisis sebuah perusahaan laporan laba rugi. Pernyataan ini mencerminkan keuntungan dan juga kerugian yang ditentukan sendiri oleh perhitungan yang membentuk dasar akuntansi persamaan. Dengan kata lain, persamaan ini memungkinkan perusahaan dapat menentukan pendapatan serta menyiapkan laporan laba ditahan. Hal ini kemudian memungkinkan mereka untuk memprediksi tren laba masa depan dan menyesuaikan praktik-praktik bisnis yang benar. Dengan demikian, persamaan akuntansi Ialah langkah penting dalam menentukan keuntungan perusahaan.
d) Laba Perusahaan
Neraca ini didirikan pada prinsip-prinsip akuntansi persamaan, persamaan ini juga dapat dikatakan bertanggung jawab untuk memperkirakan kekayaan bersih seluruh perusahaan. Komponen fundamental dari persamaan akuntansi termasuk perhitungan dari kedua perusahaan holdings dan perusahaan utang; dengan demikian, hal tersebut memungkinkan pemilik untuk mengukur total nilai aktiva perusahaan.

e) Investasi
Peran pada menentukan laba perusahaan, persamaan akuntansi adalah alat penting untuk mencari investor untuk mengukur kepemilikan perusahaan dan juga utang pada waktu tertentu, dan sering perhitungan dapat menunjukkan seberapa stabil atau tidak menentu bisnis transaksi keuangan mungkin. Ini memberikan informasi berharga kepada kreditur atau bank-bank yang mungkin akan mempertimbangkan aplikasi pinjaman atau investasi di perusahaan.

Contoh persamaan dasar akuntansi

Aset (Aktiva) : merupakan kekayaan yang di miliki oleh perusahaan yang ditunjukan dengan nilai uang tertentu. Contoh dari aset atau aktiva yaitu : Cash (Kas), Building (Gedung), Inventory (Persediaan), dan Equipment (Peralatan). (Baca juga : Pengertian Akuntansi Keuangan)
Kewajiban (Liability) : merupakan jumlah hutang yang di miliki oleh perusahaan kepada pihak luar. Contoh nya : hutang, hutang obligasi, Surat hutang
Modal : merupakan kepentingan investor atau pemilik dalam sebuah perusahaan yang memiliki tujuan dengan memberikan atau menyetorkan uang atau dari bentuk kekayaan yang lainnya. Modal ini biasanya dikatakan juga dengan Ekuitas pemilik (Owner Equity).
Dari ketiga elemen yang sudah dijelaskan diatas maka ada kaitannya satu dengan yang lain di dalam sebuah hubungan akuntansi yang di sebut dengan Persamaan Akuntansi. Persamaan akuntansi juga menyatakan bahwa kesamaan aset di satu sisi dengan klaim para kreditor dan pemilik perusahaan (Owner) pada sisi yang lainnya. Sehingga bisa di rumus kan menjadi :

Liabilities + Owner Equity = Aktiva

atau

Kewajiban (Hutang) + Ekuitas Pemilik (Modal) = Aktiva

Point yang harus diketauhi dalam persamaan akuntansi : Aktiva = Kewajiban + Ekuitas Pemilik harus seimbang dengan jumlahnya pada setiap transaksi yang terjadi.

Demikian artikel cerdasakuntansi.com mengenai Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Penerapan dan Contohnya, semoga bermanfaat, terima kasih

Baca Juga :

Pengertian Bank : Fungsi dan Tujuannya
Pengertian Jurnal : Umum dan Khusus
Perusahaan Adalah : Ciri, Karakteristik dan Perbedaannya
Profesi Akuntansi : Keahlian, Macam, Tugas dan Contohnya
Pengertian Sistem : Unsur, dan Jenis-Jenis Sistem
Pengertian Neraca Saldo : Manfaat, Tujuan, Fungsi
Pengertian Opini Audit : Jenis dan Tahapan
Dasar Akuntansi Adalah : Unsur Persamaan , Neraca Koperasi
Manfaat Koperasi : Pekiraan dan, Pedoman, Neraca dan Laporan
Koperasi : Pemasaran Aktivitas dan Jurnal Khusus Koperasi Pemasaran
Istilah Penting Akuntansi Biaya
Menerapkan Prinsip Profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban
Koperasi : Pemasaran Aktivitas dan Jurnal Khusus Koperasi Pemasaran
Istilah Penting Akuntansi Biaya
Menerapkan Prinsip Profesional Kerja : Contoh Soal dan Jawaban
Otomatisasi kantor, Manfaat, Tujuannya
Korespondensi Bisnis, Fungsi, Jenis
Perbedaan dan Persamaan Sektor Publik dan Swasta
Neraca : Unsur, Manfaat, Bentuk dan Contoh Neraca
Tugas Accounting Staff : Macam Profesi dan Manfaat akuntansi
Akuntansi Pemerintahan Adalah : Tujuan, Karakteristik dan Contohnya
Pamflet adalah : Tujuan, Ciri dan Cara Membuatnya
Pengertian Akuntansi, Tujuan, Manfaat, Tujuan, Fungsi dan Bidang
Siklus Akuntansi : Pengertian, Tahapan dan Urutannya
Analisis Data Adalah, Tujuan, Macam, Jenisnya
Sejarah Akuntansi , Pengertian,Fungsi,Kegunaan
Dasar akuntansi : Prinsip dan Penerapannya
Asumsi adalah : Pengertian, Dasar, Prinsip dan Macamnya
Pengertian Akuntansi Dasar
Analisa Bukti Transaksi Keuangan
Tujuan Akuntansi : Pengetian dan Fungsi
Pengertian Akuntansi : Tugas, Manfaat, Tujuan dan Profesi Akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published.